Sebagian Tipe ANGGREK MACAN Metode PERAWATANNYA

Sebagian Tipe ANGGREK MACAN Metode PERAWATANNYA

Kurang dikenal jelas asala muasal kenapa angrek GRAMMATOPHYLUM ini diketahui dengan nama Anggrek macan. Corak bunga yang mempunyai totol- totol coklat ini bisa jadi yang buatnya menyamai macan sehingga diucap anggrek macan. Grammatophylum ataupun anggrek macan memanglah diketahui bagaikan tumbuhan anggrek yang mempunyai pesona luar biasa. Tangkai bunga yang panjang serta jumlah kuntum bunga yang banyak dan keahlian bunga bertahan berbulan- bulan kian menarik pecinta tumbuhan anggrek.

Tidak hanya itu anggrek macan mempunyai energi tahan hidup yang tahan banting bila dibanding dengan tipe anggrek yang lain. Anggrek macan ini pula tercantum tumbuhan yang tahan terhadap paparan cahaya matahari. Di habitat aslinya tumbuhan ini banyak melekat pada pohon- pohon, sebagian tipe terdapat yang berkembang di atas tanah. Metode menanam anggrek macan ini dapat ditempel di tumbuhan ataupun ditaruh pada krat yang digantung. Pangkal tumbuhan anggrek macan yang terserang angin hendak membuat hidup angrek macan lebih bagus.

Di Indonesia Anggrek macan banyak ditemukan di Papua, Sulawesi, Maluku, serta Nusa Tenggara Timur, yang terdiri atas 3 berbagai anggrek macan. Ketiga warna anggrek macan dari Indonesia ini mempunyai perbandingan dalam perihal corak, warna, serta jarak antarkuntum bunganya.

Anggrek macan dari Papua mempunyai karangan bunga panjang, dapat menggapai 1, 5–2 m, dengan jarak kuntum bunga yang satu dengan yang lain lumayan rapat. Anggrek ini umumnya berbunga setahun sekali, tetapi terdapat pula yang berbunga 2 kali setahun. Bunga bertahan lumayan lama, hingga dekat 2 bulan.

Berbeda dengan bunga anggrek macan yang berasal dari Kepulauan Tual mirip dengan yang berasal Papua. Tetapi, tangkai bunganya lebih pendek, antara 1/ 3–1/ 2 dari tangkai anggrek macan Papua. Masa berbunganya juga tidak sangat lama serta bunga kilat membentuk biji.

Anggrek macan yang berasal dariTernate serta Flores mempunyai bunga yang mirip dengan yang dari Papua, tetapi jarak kuntum bunga tidak rapat. Terdapat lagi yang berasal dari Sulawesi serta Ambon, tetapi corak bunganya lebih pudar.

Jenis- Jenis Angrek Macan( Grammatophyllum) Sebagian tipe anggrek macan yang banyak ditemukan serta dikoleksi antara lain:

1. Grammatophyllum speciosum

Anggrek Tebu

Tipe angrek ini lebih diketahui dengan nama Anggrek Tebu. Dinamai Anggrek Tebu sebab wujud ruas- ruasnya yang sangat menonjol mirip dengan batang tebu. Anggrek Tebu dapat berkembang sampai 2. 5 m. Anggrek tipe ini diketahui pula dengan nama Giant Orchid ataupun anggrek raksasa. Tetapi sayangnya anggrek tipe ini susah buat berbunga.

2. Grammatophylum Scriptum

Grammatophylum Scriptum

Tipe anggrek macan ini mempunyai helaian bunga bercorak dasar kekuningan serta bertotol- totol cokelat, tetapi terdapat pula yang helaian bunganya bercorak dasar hijau dengan totol- totol cokelat.

3. Grammatophylum Scriptum Var. Citrinum

Grammatophylum Scriptum Var Citrinum

Tipe anggrek macan ini mempunyai wujud mirip Scriptum, cuma bunganya bercorak hijau tanpa totol- totol cokelat. Tipe Grammatophylum var citrinum ini berasal dari Kalimantan, Filipina, Fiji serta Papua Nugini.

4. Grammatophylum Tiger Paw

Tipe anggrek macan ini mempunyai warna mirip yang lain, cuma totol corak coklat lebih mendominasi.

Grammatophylum Tiger Paw

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung