Metode Menanam Tomat Di Pot Supaya Berbuah Banyak

Metode Menanam Tomat Di Pot Supaya Berbuah Banyak

Metode menanam tomat di pot- Tumbuhan tomat salah satu tipe tumbuhan yang mempunyai siklus hidup lumayan pendek, ialah cuma bekisar antara 4 sampai 5 buanan saja. Sehabis masa tersebut tumbuhan tomat merambah umur yang tidak produktif lagi. Tumbuhan toman umumnya bisa berkembang setinggi 1 sampai 3 m serta dari masa tanam sampai berbuahnya cuma memerlukan waktu 3 bulan saja. Tumbuhan tomat mempunyai buah bewarna hijau, merah serta pula kuning. Metode mengkonsumsinyapun dapat dengan ditambahkan kedalam masakan bagaikan sayur ataupun bisa pula kamu mengkonsumsi secara langsung.

Saat sebelum kita mangulas lebih lanjut menanai tata metode menanam tomat di pot supaya berbuah banyak, hendaknya kita terlebih dulu mengulik sedikit menimpa manfaat tomat. Tomat mempunyai berjuta khasiat untuk badan kita, baik itu dalam bidang kesehatan ataupun dalam bidang kecantikan. Tingginya isi zat gizi di dalam tomat buatnya digolongkan kedalam salah satu santapan herbal yang pantas disantap tiap harinya.

Sebagian manfaat tomat dalam bidang kesehatan ialah merendahkan efek kanker, menormalkan tekanan darah, menyehatkan jantung, menghindari wasir, dll. Sebaliknya dalam bidang kecantikan tomat efektif dalam meremajakan kulit, menghindari kulit kering serta kumal, kurangi jerawat dan sisa jerawat, mencerahkan kulit wajah, serta masih banyak manfaat berarti yang lain yang bisa kita peroleh bila kita gemar komsumsi buah tomat.

Walaupun tomat mempunyai segudang khasiat, tetapi butuh kamu tahu, komsumsi buah tomat bukanlah boleh kamu jalani sebarangan. Bukan sebab buahnya bermasalah, tetapi pada dikala pertumbuhannya tumbuhan serta buah tomat sangat banyak menerima insektisida sehingga bila kita tidak membersihkannya hingga hendak berdampak kurang baik untuk kesehatan. Buat itu hendaknya kamu belajar menanam tumbuhan tomat sendiri, sebab suatu yang kamu tanam sendiri telah tentu hendak lebih terjamin kualitasnya daripada yang kita beli di pasaran. Menanam tumbuhan tomat bisa kamu jalani dimana saja, entah itu di pekarangan rumah ataupun di dalam pot. Tetapi menanam tomat di dalam pot jadi opsi yang sangat pas untuk kamu yang tidak suka ribet dan tidak mempunyai lahan yang luas. Berikut tata metode menanam tomat di pot supaya berbuah banyak.

Pemilihan Tipe Tumbuhan Tomat

Butuh kamu tahu tumbuhan tomat dibedakan jadi 4 kalangan, ialah tomat buah yang buahnya berupa bundar dengan pangkal mendatar, tomat gondol dengan wujudnya yang lonjong serta biasa dijadikan saus, tomat sayur yang mempunyai tekstur yang agak keras serta mempunyai rasa sedikit kecut, tomat cherry yang mempunyai wujud kecil dengan rasanya manis kecut. Kamu bisa memilah tipe tomat mana yang kamu mau tanam, serta yakinkan kamu memilah benih unggul dari sumber terpercaya.

Tidak hanya itu kamu pula bisa mempersiapkan benih sendiri ialah dari buah tomat yang betul- betul matang serta berdimensi besar. Yakinkan tomat tersebut tidak cacat serta mempunyai biji yang besar dan biji tersebut tidak terapung dikala direndam. Identitas buah tomat yang sudah disebutkan tersebut bisa kamu peruntukan benih tomat utnuk kamu kembangkan.

Penyemaian Benih Tomat

Saat sebelum kamu menanam tomat di pot, terlebih dulu kamu wajib melaksanakan penyemaian penyiapan benih tomat. Triknya sajikan tempat penyemaian yang terlindung dari hujan serta bebas dari paparan cahaya matahari. Persemaian ini bisa kamu jalani di dalam polybag. Sehabis disemai, jangan kurang ingat kamu menyiramnya 2 kali satu hari. Kamu wajib berjaga- jaga dalam melaksanakan penyiraman jangan hingga mengganggu permukaan persemaian. Sehabis 30 hari bibit tomat dapat dipindahkan ke media tanam ialah ke dalam pot.

Pemindahan Bibit Ke Dalam Pot

Saat sebelum bibit tomat kamu pindahkan, terlebih dulu kamu wajib mempersiapkan media tanamnya. Sajikan tanah yang gembur yang dicampur dengan arang sekam serta kompos dengan perbandingan 2: 1: 1 setelah itu masukkan ke dalam pot. Setelah itu siram persemaian dengan air supaya media tanam mejadi lunak, kemudian cabut bibit tomat dengan hati- hati supaya akarnya tidak putus. Setelah itu masukkan bibit kedalam pot dengan posisi hendak serta batangnya tegak lurus.

Pemeliharaan Serta Perawatan

Tumbuhan tomat yang ditanam di dalam pot memerlukan metode pemeliharaan yang lebih gampang daripada tumbuhan tomat yang ditanam di lahan terbuka. Kamu cuma butuh membenarkan supaya media tanam tidak sangat kering, siram 2 kali satu hari tetapi jang hingga kelewatan sebab bisa membuat pangkal tumbuhan membusuk. Siangi gulma secara tertib. Tidak hanya itu kamu pula wajib melaksanakan pemangkasan tunas dan pemberian ajir bagaikan penopang supaya tumbuhan tidak gampang bengkok serta patah.

Sehabis satu minggu penanaman bibit di dalam pot kamu bisa membagikan pupuk kompos pada tumbuhan sebanyak satu genggam buat tiap pot. Kamu bisa mengulangi pemberian pupuk apabila memandang tumbuhan tomat kurang produktif. Bila tumbuhan tomat kamu terkena hama, hendaknya kamu melenyapkan hama tersebut dengan metode manual ialah dengan mengambil daun ataupun batang yang rusak sebab hama serta membuangnya. Jauhi penyemprotan insektisida pada tumbuhan sebab zat tersebut bukanlah baik buat kesehatan kamu. Terlebih bila mengingat buah tomat yang dihasilkan nanti buat disantap sendiri.

Sehabis besar tumbuhan tomat menggapai 1 m lakukanlah perempelan daun tomat yang terletak pada batang bagian dasar. Gunanya buat melenyapkan daun- daun tua pada tumbuhan sehingga tumbuhan tidak gampang terkena penyakit. Tidak hanya itu

metode menanam tomat di pot supaya berbuah banyak merupakan dengan memangkas cabang tumbuhan tomat yang dikira tidak butuh. Perihal ini bertujuan supaya nutrisi tumbuhan tetap terpenuhi serta tidak dibagi ke cabang yang tidak dibutuhkan tersebut. Dengan begitu buah tomatpun bisa berkembang rimbun serta sehat.

Pemanenan

Tumbuhan tomat yang ditanam di dalam pot umumnya telah berbuah serta telah bisa dipanen buahnya dalam kurun waktu 3 bulan. Butuh kamu tahu buat memperoleh buah tomat dengan konsentrasi gula yang besar serta air sedikit sehingga mempunyai rasa yang manis, hingga kamu bisa melaksanakan metode pengurangan frekuensi penyiraman tumbuhan kala buah separuh matang. Tetapi bukan berarti kamu menghentikan peniraman, akarena malah hendak membuat buah yang berkembang jadi layu serta gugur.

Buah yang sudah layak dipanen mempunyai karakteristik rupanya kuning- kekuningan, batang serta daun dari tumbuhan menguning. Butuh kamu tahu buah tomat tidak matang secara serentak, buat itu kamu bisa melaksanakan pemetikan 2 sampai 3 hari sekali.

Seperti itu tata metode metode menanam tomat di pot supaya berbuah banyak yang bisa kamu terapkan di rumah. Pada intinya banyak tidaknya buah tomat sangatnya tergantung pada posisi tanam serta perlakuan yang kamu bagikan pada tumbuhan tomat tersebut. Terus menjadi baik perlakuan yang kamu bagikan hingga terus menjadi rimbun serta bermutu pula buah yang hendak dihasilkannya. buat itu yakinkan kamu mempraktikkan metode menanam tomat di pot yang benar supaya tumbuhan tomat tersebut sanggup menciptakan buah yang rimbun serta bermutu.

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung