Metode Membuat Pupuk Organik Padat Simpel


Membuat Pupuk Organik Padat– Dalam dunia pertanian skala besar ataupun lebih sederhananya dunia bercocok tanam di rumah pastinya tidak lepas dari yang namanya media tanam serta pupuk.

Pupuk pastinya telah jadi salah satu komoditas utama dalam pertanian serta bercocok tanam. Pupuk pastinya memegang guna vital terhadap berlangsungnya berkembang kembang tumbuhan. Terdapat bermacam berbagai tipe pupuk yang dapat kita temukan, salah satunya pupuk organik padat.

Pupuk organik padat ialah salah satu tipe pupuk kompos yang berupa padat, umumnya berasal dari bahan organik, misal dari kotoran kambing, sapi, apalagi limbah rumah tangga. Meski saat ini telah banyak merek pupuk organik padat yang tersebar dipasaran namun tidak salahnya bila kita buatnya sendiri dirumah.

Berikut ini metode membuat pupuk organik padat sendiri dirumah.

Metode Membuat Pupuk Organik Padat

Bahan bahan membuat pupuk organik padat

Kotoran hewan( sapi, kambing, unggas, dll)

Dedaunan kering

Serbuk gergaji ataupun sekam

Air sumur

Kuman Starter( aku biasa gunakan EM4 pertanian) serta tetes tebu( boleh keduanya boleh salah satu)

Langkah membuat pupuk organik padat

membuat pupuk organik padat

Gambar: https:// website. facebook. com/ asep. gunawan. 56

Gabungkan kotoran ternak yang telah dikeringkan dengan dedaunan, sekam, ataupun serbuk gergaji hingga rata. Letakkan diwadah tertentu.

Buat larutan dekomposer ataupun kuman starter dengan mengombinasikan EM4 ataupun tetes tebu kedalam air. Dosisnya dapat dibaca pada kemasan ataupun disesuaikan dengan jumlah pupuk yang hendak terbuat.

Siram larutan dekomposer pada bahan organik yang sudah kita gabungkan menyeluruh. Bila pupuk yang hendak terbuat berjumlah banyak hingga buat perlapisan serta tiap lapis siram dengan larutan dekomposer.

Tutup bahan mentah yang sudah dicampur dekomposer dengan karung goni ataupun plastik hingga rapat. Perkenankan berfermentasi, umumnya temperatur hendak jadi hangat.

Perkenankan sepanjang sebagian minggu hingga pupuk matang 2- 8 minggu.

Tandanya pupuk telah matang ialah lebih kering, suhunya lebih dingin, teksturnya gembur, rupanya lebih hitam dari tadinya, serta relatif tidak bau.

Nah seperti itu tadi metode buat membuat pupuk organik padat simpel. Dalam skala besar metode ini pula dapat digunakan cuma disesuaikan saja bahan serta perlengkapan yang digunakan.

Tidak hanya buat tumbuhan darat pupuk ini dapat pula digunakan bagaikan pupuk aquascape dasar pada pembuatan aquascape.

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung