Membuat Tanah Produktif Buat Media Tumbuhan Secara Natural

Membuat Tanah Produktif Buat Media Tumbuhan Secara Natural

Membuat media tumbuhan yang produktif buat media menanam tumbuhan dengan polybag ataupun pot bukanlah sangat susah. Dalam dunia tanam- menanam media tanam ialah salah satu aspek berarti yang dapat jadi aspek penentu sukses tidaknya aktivitas bercocok tanam kita. Sebab media tanam ini ibarat santapan untuk makhluk hidup, bila santapan yang bagus serta bergizi hingga kesehatan serta perkembangan makhluk tersebut hendak baik. Sama halnya dengan tanaman media tanam yang bagus dapat membuat tanaman yang kita tanam jadi produktif serta sehat.

Pada dasarnya tiap tumbuhan memerlukan media tanam yang cocok dengan ciri tumbuhan tersebut. Kebutuhan nutrisi pada tumbuhan buah serta tumbuhan buat sayur ataupun bunga bukanlah sama. Oleh sebab itu kita wajib ketahui terlebih dulu tumbuhan apa yang hendak kita tanam serta sesuaikan media tanamnya dengan kebutuhan tumbuhan tersebut. Oke kali ini kita hendak coba buat mangulas tentang pembuatan media tanam, spesialnya buat tumbuhan dalam polybag ataupun pot.

Membuat Media Tanan Alami

Membuat media tanam buat tumbuhan dalam polybag ataupun pot sesungguhnya lumayan gampang perlengkapan yang kita gunakan lumayan simpel serta bahan- bahan yang dipakai telah ada di alam tinggal kita manfaatkan saja.

Media tanam yang baik

Saat sebelum mengawali membuat media tumbuhan lebih dulu kita wajib mengenali syarat- syarat media tanam yang baik, sebab pada media inilah tumbuhan kita hendak berkembang serta memperoleh nutrisi nya. Secara universal berikut ketentuan media tanam yang baik:

Sanggup sediakan unsur- unsur yang diperlukan tumbuhan buat berkembang baik Faktor makro ataupun faktor mikro.

Media tanam sediakan ruang berkembang yang baik untuk pangkal serta tanaman

Dapat bagaikan media penyangga tumbuhan supaya tidak roboh pastinya disesuaikan dengan tipe tanamannya tumbuhan buah memiliki media tanam yang lebih keras serta padat sebaliknya tumbuhan sayur memiliki banyak rongga buat tumbuhnya akar

Media tanam bersih dari bermacam bibit penyakit serta hama yang melanda tanaman

Media tanam mempunyai porositas yang baik. Porositas ialah media tidak sangat padat pula tidak sangat berongga, media dapat meresap air serta mempertahankan kelembaban( air tidak mengendap di polybag ataupun pot).

membuat media tanam

Gambar dari guruilmuan. blogspot. co. id

Pembuatan media tanam

Bahan- bahan

Tanah gembur

Sekam bakar ataupun sabut kelapa

Kompos ataupun humus baca: tipe pupuk kompos

Pupuk kandang( opsional) baca tentang: pupuk

Wadah

Penjelasan:

Tanah gembur ialah bahan utama pembuatan media tanam yang baik. Tanah gembur ini tidak sangat banyak memiliki pasir serta tidak sangat banyak memiliki tanah liat, maksudnya sedang- sedang saja, tanah gembur sanggup meresap air dengan baik serta sanggup melindungi kelembaban tanah. Ambil tanah pada bagian atas( permukaan). Arang sekam ataupun biasa pula diucap dengan sekam bakar ialah hasil dari pembakaran sekam padi ataupun kulit biji padi sisa hasil dari penggilingan. Baca: metode membuat sekam bakar

Sekam bakar bagus buat kombinasi pembuatan media tanam sebab sekam bakar bisa menetralisir toksin yang ada pada tanah, tingkatkan porositas tanah, meningkatkan mikroba yang menguntungkan, menetralisir keasaman tanah serta lain sebagainya. Bila tidak ada sekam bakar hingga dapat ditukar dengan sabut kelapa ataupun cocopeat.

Kompos humus serta pupuk kandang bermanfaat bagaikan penyuplai faktor hara untuk tumbuhan. Kompos dapat berasal dari zat organik yang telah membusuk. Faktor hara( kompos/ pupuk kandang) yang baik buat kombinasi media tanam hendaknya yang telah matang, sebab bila masih mentah umumnya masih bawa bibit penyakit, ciri mudahnya kompos yang telah matang tidak memunculkan bau yang menusuk, silahkan baca tipe pupuk kompos.

membuat media tanam pot

Gambar dari adieprayitno. blogspot. co. id

Sesi pembuatan

Siapkan tanah gembur, setelah itu dihaluskan. Tanah kering lebih gampang digunakan sebab tidak menggumpal, bila tanah menggumpal bahan- bahan tidak hendak tercampur rata.

Siapkan sekam bakar, siapkan pula kompos yang telah matang

Kemudian campur tanah, kompos, serta sekam bakar dalam wadah yang disediakan. Kombinasi dengan perbandingan 2: 1: 1 tanah 2 bagian, kompos 1 bagian serta sekam bakar 1 bagian. Aduk hingga rata dalam wadah

Bila media tanam diperuntukkan buat sayur- mayur berbuah ataupun tumbuhan buah jangan kurang ingat campur pupuk kandang. Dapat berbentuk kotoran ayam ataupun kotoran kambing yang telah diendapkan ataupun telah matang 1 bagian. Aku lebih memilah kotoran kambing buat digunakan.

Media tanam siap digunakan serta ditempatkan dalam pot ataupun polybag.

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung