BAGUS

Metode SUKSES BUDIDAYA PISANG Supaya Kilat PANEN

Metode SUKSES BUDIDAYA PISANG Supaya Kilat PANEN
Pisang yakni salah satu tumbuhan yang umum ditemui di area kita, pisang bisa berkembang di bermacam posisi serta cuma memerlukan perawatan yang simpel. Pisang ialah suatu suku besar Musaceae, terdapat bermacam species dari suku ini yang ada di Indonesia serta nyaris seluruhnya lumayan umum disantap bagaikan buah. Buah pisang timbul dalam formasi tersusun yang diucap dengan tandan dengan kelompok buah berjajar menjari yang diucap bagaikan sisir.

Bibit pisang yakni bagian yang sangat berarti dalam metode budidaya pisang yang baik. Bibit pisang bisa dibeli ataupun disiapkan sendiri. Bibit tumbuhan pisang yang hendak ditanam hendaknya diseleksi yang sudah mempunyai besar satu sampai satu separuh m serta mempunyai umbi ataupun bagian pangkal pisang dengan lebar dekat 20 centimeter.

Metode PEMBIBITAN PEPAYA Dan Metode Memastikan Tipe KELAMIN PEPAYA

Sangat diajarkan buat memilah bibit dari tumbuhan pisang yang mempunyai batang serta buah yang baik ini merupakan salah satu metode budidaya pisang supaya menemukan hasil yang baik. Besar serta alur genetik dari bibit pisang hendak sangat pengaruhi hasil dalam perihal ini merupakan jumlah pisang dalam satu sisir dan jumlah sisir dalam satu tandan pisang.

Mempersiapkan Bibit Tumbuhan Pisang

Indukan tumbuhan pisang yang hendak diambil bibitnya ditanam dengan kerapatan ataupun jarak tanam 2 m dari tumbuhan pisang yang lain. Tiap- tiap tumbuhan dilindungi supaya mempunyai tunas beberapa 7 sampai 9 buah. Pemotongan ataupun penjarangan tunas wajib dicoba supaya jumlah tunas senantiasa di angka sempurna 7 sampai 9 tunas. Sangat banyak tunas yang berkembang hendak pengaruhi dimensi serta pula mutu bibit yang dihasilkan. Bibit pisang yang sudah dipisahkan dari induknya butuh menemukan perawatan spesial supaya bebas dari penyakit serta bisa berkembang dengan baik.

Sehabis tunas ataupun bibit pisang dipotong, hingga tanah yang melekat pada pangkal wajib dibersihkan. Simpan bibit di tempat teduh sepanjang 2 sampai 3 hari supaya sisa potongan pada tunas mengering. Rendam umbi serta sebagian batang bibit pisang dengan insektisida 0, 5 sampai 1% sepanjang 10 menit ataupun rendam dalam air sepanjang 2 hari 2 malam. Bila ditengarai sudah ada hama nematoda di posisi tanam, perendaman umbi dengan air panas sepanjang sebagian menit bisa menghindari serbuan sehabis penanaman bibit pisang.

Media Serta Lahan Menanam Pisang

Media serta lahan buat menanam pisang ialah bagian yang sangat berarti guna menciptakan pisang yang baik secara mutu serta kuantitas. Lahan menanam pisang wajib dibersihkan dari rumput dan gulma supaya tumbuhan pisang tidak berebut nutrisi dari dalam tanah.

Penggemburan tanah yang dibutuhkan tidak hanya itu sengkedan pula dibutuhkan bila kontur lahan miring serta drainase air pula butuh dicermati supaya tumbuhan pisang bisa berkembang dengan optimal. Sengkedan pada lahan miring hendak menghindari erosi, lambung sengkedan informasi ditanami dengan tumbuhan legum misalnya lamtoro dan dipasang batu- batuan supaya menghindari erosi.

Metode Menanam Pisang

Ada pula metode menanam pisang yang diajarkan yakni dalam jarak yang lumayan renggang, sela- sela ataupun jarak tumbuhan pisang bisa ditanami dengan tumbuhan lain dengan tata cara tumpang sari. Sayur ataupun tumbuhan semusim bisa dijadikan bagaikan opsi tumbuhan tumpang sari di kebun pisang. Lubang buat menanam pisang hendaknya terbuat dengan dimensi 50 centimeter x 50 centimeter dengan kedalaman pula 50 centimeter dengan jarak tanam kurang lebih 3 m antara satu tumbuhan dengan tumbuhan yang lain. Dengan metode tanam ataupun metode budidaya pisang yang baik hingga hasil buah pisang bisa optimal secara mutu ataupun kuantitas.

Hendaknya tumbuhan pisang ditanam menjelang masa hujan, tetapi pada wilayah dengan air yang lumayan hingga pisang bisa ditanam sejauh tahun dengan hasil yang baik. Tiap lubang tanam hendaknya diisi dengan pupuk kompos dengan takaran kurang lebih 10 sampai 20 kilogram. Mutu serta rasa buah pisang hendak terbawa- bawa oleh mutu tanah sehingga pemupukan hendak menbuat rasa serta dimensi pisang jadi optimal.

Pemeliharaan Tumbuhan Pisang

Dalam perihal ini kebun pisang butuh menemukan perawatan secara tertib bagaikan bagian dari metode menanam pisang dengan melaksanakan penjarangan serta penyiangan. Satu rumpun tumbuhan pisang hendaknya terdiri atas 3 sampai 4 batang, oleh sebab itu penjarangan wajib dicoba. Seleksi batang pisang dengan keadaan baik serta kokoh, batang yang cacat ataupun kecil bisa dipotong. Penyiangan pula sangat butuh buat mengatur populasi rumput serta gulma dan melindungi tingkatan kegemburan tanah. Rata- rata pangkal pisang terletak 15 centimeter dibawah permukaan tanah, ini bisa dijadikan pertimbangan kedalaman penyiangan yang dicoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel