Cara Penanam dan Perawatan Pohon Salak Sampai Berbuah Lebat

Tips Penanam Bibit Salak - Salak merupakan tumbuha palma yang dimanfaatkan buahnya untuk dimakan dan buah ini disebut juga snake fruit kenapa disebut seperti itu karena kulit luar pada buah ini bersisik layaknya seperti kulit ular dan pohon salak ini hanya seluruhnya berduri mulai dari batang, tangkai dan juga buah dan warna buah ini yang banyak kita tahu yaitu berwarna coklat dan berbentuk segitiga yang lonjong dan memiliki daging dalam yang berwarna putih tebal dan biji besar didalamnya.

Tips Penanam Bibit Salak

Ada 2 rasa yang dihasilkan oleh buah salak ini yaitu rasa manis dan rasa asam dan jika anda membeli di pasar terdekat maupun toko buah terdekat sebaiknya anda mencoba terlebih dahulu buah salak tersebut maupun melihat buah tersebut apakah bagus atau tidak dan manis atau tidak dan untuk harga pada salak ini bisanya yitu Rp. 15.000/Kg dan itu tergantung lokasi dan tempat anda karena harga bisa bervariasi, dan berikut ini beberapa cara untuk membudidayakan pohon atau bibit salak mulai dari penanam hingga panen simak tips berikut ini:

Cara Menanam dan Perawatan Bibit Pohon Salak 

1. Syarat Tanam Pohon Salak
Tanaman salak merupakan tanaman asli indonesi dan tanaman ini sangat cocok jika ditanamn dengan ketingian sekitar 50 meter hingga 800 meter diatas permukaan laut. tanaman salak baik ditanam baik dilahan yang memiliki derajat keasa,am atau ph di tanah sekitar 4 - 7 dan memiliki curah hujan sekitar 200-400 mm/bulan dan suhu sekitar memiliki kelembaban 20-30 derajat celcius.

2. Pembibitan Salak
Pembibitan pohon salak bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara menanan dengan biji dan kedua dengan cangkok dan untuk penjelasannya adan bisa simak berikut:

  • Penanam dari  Biji
Dalam penanam biji anda harus memilih dari suata pohon yang unggul dalam berbuah dan manis dalam daging buah untuk caranya anda bisa mengunakan polibag  atau ember lalu dan pot lalu letakan di tempat yang lembab dan kemudian lakukan penyiraman rutin 2 kali sehari dan bibit akan tumbuh 1 bulan dan kemudian anda bisa menanam ke lokasinya dengan berumur 3-4 minggu.
  •  Penanam dengan Cangkok
Dalam mulai mencangkok ada baiknya anda melihat pohon tersebut sudah pernah berbuah dan buahnya pun memang bagus dan memiliki anakan ada bagunya anda bisa membeli bibit salak kepada penjual bibit yang unggul.
Baca Juga: Cara Menanam dan Merawat Mangga Madu Anggur Cepat Berbuah
3. Persiapan Lahan Tanam
Untuk mulai menanam pohon dan bibit salak sebaiknya anda persiapkan lahan yang akan di tanamni oleh bibit salak dan untuk penanam bibit salak sebaiknya pilih tempat yang tidak panas dan lokasi tersebut di naungi oleh pohon-pohon sekitarnya karena memang habtat asli dari bibit salak tersebut memang lembab.

Jika sekiranya sudah menemukan tempat dan sekiranya yang pas kemudian anda melai membersihkan lahan dari gulam dan tanaman penganggu lainnya dan selanjutnya buat lubang ukuran 50 x 50 x 50 cm dan jarak antar tanamn lainnya yaitu 2 x 2 m.

4. Penanaman Bibit Pohon Salak
Sebelum anda melakukan penanam bibit sebaiknya anda gunakan pupuk kandang dan pupuk NPK yang kemudian pupuk tersebut dicampur dengan tanah galian lalu berikan furadan 3g untuk menghindari serangan hama dan semua itu sesuai dosis dan keperluan bibit pada tanaman salak, jika proses diatas selesai maka anda bisa langsung menanam bibit salak kedalam tanah.

5. Perawatan Bibit Salak
Perawatan untuk bibit salak dilakukan dengan 8 cara yaitu yang pertama dengan melakukan penyulaman, dan kedua yaitu dengan penyiangan, dna ketiga dengan pemupukan dengan mengunakan pupuk kimia NPK dan dicampur Urea,TSP, dan KCL, dan keempat proses pembubunan, dan kelima pemangkasan, dan keli enam penyerbukan bunga, dan ketujuh penjarangan buah dan yang terakhir pembukusan buah.
Baca Juga: Cara Menanam dan Merawat Durian Cangkokan Agar Lebih Cepat Berbuah
6. Pemanenan Buah Salak
Jika proses diatas sudah dilakukan dengan baik dan perawatan yang dilakukan dengan benar maka kemudian buah yang dihasilkan oleh tanaman salak pun akan menghasilkan buah yang memuaskan untuk biji salak yang ditanam dari biji hingga bisa berbuah itu membutuhkan waktu sampai 3-4 tahun jika anda melakukan pembelian bibit dari cangkokan biasanya bisa berbuah hanya berumur 1,5 tahun dan akan maksimal berbuah pada umur 2,5 tahun.

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara penanam bibit salak dari mulai biji dan cangkokan hingga panen semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda dalam memulai penanam pohon dan bibit buah salah sekian dan sampai jumpa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel