Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Kentang (Solanum Tuberosum L.) Lengkap

Morfologi dan Klasifikasi Kentang - Tanaman kentang atau disebut bahasa latinnya (Solanum tuberosum L.)  dan masuk kedalam Ordo Solanales dalam family Solanaceae. dan tanaman kentang sendiri merupakan tanaman semusim yang berasal dari Amerika Selatan dan masuk kedalam tanaman keping dua dikotil tanaman ini masuk keindonesia pada tahun 1794 yang ditemukan di sekitar cisarua bandung dan sampai sekarang tersebar luas sampai ke polosok indonesia.

Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Kentang

Morfologi Tanaman Kentang (Solanum Tuberosum L.)
Morfologi kentang sendiri terdiri dari daun, batang, bunga, akar, umbi dan berikut ini penjelasan tentang morfologi yang ada pada tanaman kentang.

Morfologi Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.

1. Morfologi Daun Kentang
Tanaman kentang umumnya berbentuk oval meruncing serta tulang daunnya menyirip daun kentang sendiri memiliki peran penting karena merupakan dapur bagi tanaman kentang sendiri dan daun sendiri memilki peran penting bagi tanaman kentang karena fungsi sebagai pengolahan makanan melalui fotosintesis, bentuk daun kentang sendiri permukaan berbulu dan berwarna hijau sampai dengan hijau tua.

2. Morfologi Batang Kentang
Kentang berbentuk segi empat dan segi lima dengan tekstur agak keras berwarna hijau tua dengan pigmen berwarna ungu, batang kentang sendiri cukup kecil dengan ukuran panjang 50-120 cm untuk tipe batang kentang sendiri dibagi 3 yaitu tipe tegak, tipe menyebar, tipe menjalar dan pada batang kentang memiliki rongga yang tidak berkayu bagi tanaman yang sudah tua maka akan berubah menjadi berkayu.

Fungsi dari batang kentang sendiri memiliki peran penting yaitu sebagai jalur pengakutan unsur hara yang didapat dari akar lalu menuju daun dan batang sendiri fungsi sebagai pengakut fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tanaman.

3. Morfologi Bunga Kentang
Kentang juga memiliki bunga dan untuk ukuran bunga kentang sendiri berukuran kecil berwarna merah,ungu, ataupun putih fungsi dari bunga sendiri berperan penting dalam tanaman kentang yaitu sebagai buah berawarna hijau yang menghasilkan lendiri yang mengandung biji, untuk bunga kentang sendiri mengandung solonim yaitu merupakan senyawa yang beracun tinggi sehingga tidak boleh untuk dikosumsi bagi manusia.

4. Morfologi Umbi Kentang
Umbi merupakan satu-satunya bagian kentang yang bisa dikosumsi dan kentang sendiri memilki ciri berupa kulit yang tipis dan ketebalan kulit sendiri tergantung dari varietas dan lingkungan diatanamnya kentang tersebut.

Fungsi umbi kentang sendiri yaitu sebagai penyimpan bahan makanan seperti vitamin, lemak, karbohidrat, protein, dan mineral untuk bentuk dari umbi kentang sendiri memiliki bentuk seperti bulat telur maupun bulat memanjang dan untuk warna sendiri ada yang berwarna kuning, merah, putih dan semua itu tergantung varietasnya.

Kentang sendiri memiliki beragam jenis yaitu kentang berwarna merah, kuning dan putih dan untuk kentang kuning sendiri memiliki jenis Eigenhrimer, Patrones, Rapan-106 dan Thung untuk jenis yang putih berupa Donata, Radosa, Sebago, dan Matta dan untuk kentang yang berwarna merah yaitu memiliki beberapa jenis Desire, Arka, dan Red Pontiak umumnya tanaman kentang dilakukan dengan cara vegetatif tetapi sekarang tanaman kentang sendiri dilakukan dengan cara kultur jaringan.

Dan banyak bertanya apa itu kultur jaringan? kultur jaringan yaitu metode yang mengisolasi bagian tanaman dan sekelompok sel ditumbuhkan dengan kondisi aseptik sehingga tanaman ini memperbanyak diri dengan lengkap kembali dengan melalui teknik ini tanaman kentang sendiri diperbanyak dengan skala besar dalam waktu yang cepat.

Klasifikasi Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.)

Berikut ini adalah klasifikasi tanaman kentang.
  • Devisi            : Spermatofita
  • Subdevisi       :  Angiospermae
  • Kelas              :  Dikotiledon
  • Ordo               :  Solanales
  • Famili             :  Solanaceae
  • Genus             :  Solanum
  • Spesies           :  Solanum tuberosum L
Demikianlah artikel tentang Morfologi Tanaman Kentang Beserta Klasifikasi Tanaman Kentang (Solanum Tuberosum L.) semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda tentang ilmu penghetahuan tentang morfologi dan klasifikasi tanaman kentang sekian dan terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel