Mengenal Tanaman Nilam Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh

Jurusanpertanian.com - Nilam merupakan tanaman semak tropis yang menghasilkan salah satu jenis minyak atsiri atau yang dinamankan minyak nilam dalam dunia perdagangan minyak nilam dikenal sebagai minyak hijau ataupun minyak daun, karena minta ini memang disuling dari daun banyak orang zaman dulu menjadikan minyak ini sabagai parfum bagi mereka memang tanaman nilam ini memiliki aroma yang cukup kuat banyak orang timur yang manjadikan tanaman ini sebagai bahan untuk wewangian dupa mereka sehingga harga yang ditawarkan minya atsiri ini cukup tinggi.

Mengenal Tanaman Nilam Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh

Tumbuh dari tanaman nilam ini bisa mencapai 1 meter dan tumbuh dengan menyukai suasana yang teduh, lembab dan hangat jika tanaman nilam ini terkena matahari langsung maka daunnya akan cepat layu atau bisa juga kekurangan air maka akan mudah layu, untuk bunga yang dihasilkan pada tanamn ini memang cukup wangi tanaman ini tumbuh dengan secara vegetatif yaitu tidak ada proses perkawinan dan penyerbukan dan pembuahan kemudian memerlukan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina untuk menciptakan individu tanaman.

Minyak nilam merupakan komoditas yang unggul dari indonesia, selain dijadikan minyak wangi atau parfum tanaman nilam sendiri punya banyak kegunaan mulai dari pembunuh serangga sampai dengan menjadi obat-obatan, walaupun minyak nilam merupakan komoditas terbesar akan tetapi diindonesia belum bisa mematok harga dalam penjualan minyak ini, dan negara yang pengimpor minyak nilam tersebar  yaitu Amerika. dan berikut ini beberapa manfaat dari tanaman nilam bagi kesehatan yaitu:

Manfaat Tanaman Nilam Bagi Kesehatan

1. Sebagai Obat Sakit Kepala
Manfaat yang pertaman yaitu bisa menyembuhkan sakit kepala karena kandungan pada nilam sendiri mengandung senyawa yang mampu meredakan sakit kepada untuk mengobati sakit kepala yaitu dengan cara merebus daun nilam dan kemudian jika sudah merata maka segeralah meminumnya.

2. Mengobati Penyakit Disentri
Penyakit ini merupakan penyakit degan gejala diare, mual, muntah, dan demam sampai dengan perut keram untuk pengobatannya sama halnya dengan merebus daun lalu meminumnya.

3. Sebagai Obat Bisul
Untuk meredakan bisul di tubuh, anda cukup dengan mengkosumsi rebusan air daun nilam atau membuat bubukan dari daun tersebut lalu mengolesnya ke area bisul anda.

4. Mengobati Rematik
Gejala ini bukan saja dialami oleh orang tua saja tetapi anak muda juga dan untuk mengobati penyakit ini anda hanya perlu mencari akar nilam dan kemudian meremas-remas kemudian lulurkan kepada area yang sakit lalukan hal ini dengan teratur.

5. Menjaga Ginjal
Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia yaitu berfungsi sebagai penyaring racun oleh sebab itu penting nya menjaga ginjal anda akan tetap sehat, untuk menjaga ginjal anda tetap sehat anda hanya perlu merebus daun nilam dan kemudian meminumnya dengan teratur.

6. Mencegah Infeksi
Infeksi merupakan gelaja dimana bekas luka anda sangat parah dan semakin lama semakin memburuk untuk mengatasi hal itu hanya bisa memanfaatkan daun  nilam atau minyak nilam dengan cara mengoleskan area yang luka terkena infeksi.

7. Bagus Dalam Menghilangkan Jerawat
Bagi anak muda sekarang jerawat memang penyakit wajah yang cukup mengangu maka dari itu pentingnya menjaga kesehatan wajah agar terhindar dari penyakit ini, untuk menghilangkan penyakit ini anda hanya perlu membuat masker dari daun nilam dan kemudian lakukan hal tersebut setiap hari.

8. Mencegah Bau Pada Badan
Bau badang memang cukup mengangu setiap banyak  maka dari itu pentingnya agar menghilangkan bau badan ini dengan cara memakai minyak pada tanaman nilam setiap akan beraktifitas atau pun setiap hari agar anda terhindar dari bau badan.

9. Melancarkan Buang Air Besar
Jika anda saat ini kesulitan dalam membuang air besar ada baiknya anda mencoba manfaat dari daun nilam sebagai melancarkan buang air besar yaitu dengan cara anda merebus, rebusan daun nilam dan kemudian minum dengan teratur, sehingga tehindari dari susah buang air besar.

10. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Untuk menjaga daya tahan tubuh anda supaya tidak mudah terserang penyakit, anda cukup memanfaatkan tanaman ini dengan daunnya saja dengan cara merebus daunnya lalu kemudian minum dengan teratur.

Banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh tanaman nilam dalam pertumbuhan nilam memang cukup mudah untuk tumbuh  dan nilam sendiri dapat dikembangkan di atas lahan tidur dan pekarangan rumah dan tanaman nilam sendiri bisa bertahan sampai 2-3 tahun dnegan masa panen daun setiap 2 bulan dan masa produktif sampai tiga tahun sampai masa peremajaan kembali.

Minyak pada tanaman nilam atau minyak atsiri sebenarnya tanaman nilam banyak terkandung pada bagian seperti akar, batang, daun dan bunga pada umunya tanaman nilam bisa dipanen pada usia 7-9 bulan dan bisa dipanen sampai 3-4 bulan sekali kemudian bisa bertahan 3 tahun. 

Untuk prospek dari usaha nilam yaitu berkapitas 200 kg dengan 2 kali penyuligan sehari dan membutuhkan lahan sebanyak 16 ha, untuk data yang didapatk dari asosiasi minyak atsiri indonesia yaitu indonesia dapat menghasilkan minyak nilam sebanyak 800 ton pada tahun 2011 dan kebutuhan minyak nilam dunis bisa mencapai 1.500 ton untuk prospek usaha dalam membudidayakn nilam sangat menguntungkan dan beriku and bisa membaca artikel dibawah ini.
Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Nilam dengan Benar (Secara Lengkap)
Demikianlah artikel tentang  Mengenal Tanaman Nilam Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh semoga bisa bermafaat bagi sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel