Manfaat dan Keuntungan dalam Mencangkok Tanaman Beserta Kerugiaannya

Jurusanpertanian.com - Mencangkok merupakan salah satu pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan indukannya dengan tujuan agar lebih menghasilkan buah dengan cepat. Mencangkok dilakukan dengan cara mengulitinya hingga bersih di cabang atau ranting dengan panjang 5-10 cm, pada tanaman dikotil kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain saat akar telah tumbuh.

Manfaat dan Keuntungan dalam Mencangkok Tanaman Beserta Kerugiaannya

Cangkok perkembangbiakan dengan menanam batang atau dahan yang diusahkan untuk berakar dan terlebih dahulu sebelum dipotong dan dijadikan tumbuhan untuk melakukan tanaman yang bisa dicankok ialah tumbuhan yang dikotil atau tumbuhan biji terbuka.

Pada cangkokan kembium batang pada cabang atau ranting harus dihilangkan agar kulit berbentuk kembali bila kulit berbentuk kembali maka akar akan kembali berbentuk kembali dan sebaliknya jika lapisan cambium dibersihkan maka hasil fotosintesis akan terkumpul di tempat cambium dan akar berangsang dengan baik, untuk melakukan cangkok anda bisa lakukan cara dan tips berikut ini;

Cara Mencangkok Dengan Baik dan Benar

  1. Siapkan alat dan bahan berupa pisau, gunting, pupuk kompos maupun pupuk kandang, plastik bening maupun polibag, dan terakhir sabut kelapa.
  2. Hal yang pertama pilih batang yang akan dicangkok dengan memilik kriteria batang tidak terlalu tua dan batang tidak terlalu muda.
  3. Kuliti batang dengan pisau dengan panjang 10 cm.
  4. Hilangkan kambium yang masih menempel.
  5. Keringkan getah yang masih menempel dengan cara mendiamkannya 2-4 hari sampai getah benar-benar kering dan hilang.
  6. Berilah ZPT yaitu zat perangsang tumbuh dan pupuk.
  7. Kemudian campur tanah dengan pupuk lalu kepal tanah dan lekatkan dengan batang yang sudah dikerik.
  8. Kemudian bungkus tanah dengan cepat dengan mengunakan sabut kepala dengan dilapisi plastik lalu ikat dengan tali rapiah.
  9. Kemudian tungu 1 bulan atau lebih dan kurang sampai akar pada batang tersbut benar benar tumbuh.

Jika langkah diatas sudah dilakukan maka batang cangkokan akan siap untuk dimulai ditanam pada lahan yang sudah anda siapkan dan untuk manfaat dalam mencangkok berikut ini manfaatnya:

Manfaat Mencangkok Bagi Tanaman

  1. Tanaman hasil cangkokan bisa ditanam pada lahan yang letak air pada tanah atau pematang kolam ikan.
  2. Pada produksi buah yang akan dihasilkan sama persis dengan indukannya.
  3. Dalam proses mencangkok akan cepat berhasil lebih tinggi karena mecangkok akar tumbuh lebih bagus ketika masih di dalam indukan.
  4. Pada tanaman yang dicangkok maka sifat yang dihasilkan akan sama persis dengan indukannya.
  5. yang terakhir yaitu tanaman yang dilalukan pencangkokan akan lebih cepat berhasil dan berbuah dibandingkan dengan tumbuhan yang ditanam dari biji.
dan itulah manfaaat dari mencangkok lebih banyak keuntungan nya, eh selanin banyak manfaat dan keuntungan dari mencangkok ternyata ada jugaloh kerugian dalam mencangkok tersebut yaitu:

Kerugian Dalam Mencangkok Tanaman

  1. Dalam satu indukan hanya diperlbolehkan mencangkok beberapa tanaman saja, dan jika untuk memperbanyak tanaman maka anda bisa lakukan dengan menanam dengan memulai dengan biji buka dengan cara mencangkok.
  2. Pohon pada indukan akan lebih cepat rusak bila banyaknya dilakukan pencangkokan pada batang tersebut.
  3. Tanaman akan mudah roboh karena memang akar yang dihasilkan belum terlau mencengkram tanah.
  4. Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan dengan cuaca yang kering karena tanaman cangkokan akan sama persis dengan indukannya.
Dalam melakukan pencangkokan sebaiknya anda meminta bantuan para pihak yang sudah berpengalaman dalam pertanian dan khsusnya dipencangkokan tanaman oleh karena itu pencangkokan sendiri memang dibutuhkan proses yang berat yang dimana anda harus rajin menyiram cangkokan dengan cara menaiki batang indukan jika pohon tersebut memang besar atau anda melakukan pencangkokan di tempat yang tinggi.

Demikianlah artikel tentang Manfaat dan Keuntungan dalam Mencangkok Tanaman Beserta Kerugiaannya semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini ingin memulai mencangkok tanaman sekian dari saya terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung