Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum Mill)

Jurusanpertanian.com - Tanaman tomat merupakan tanaman dari jenis ordo solanales dan bernama latin (Lycopersicon esculentum Mill) tomat merupakan tanaman yang memiliki perdu serium dengan perakaran yang cukup dangkal, tomat merupakan tanaman semusim yang artinya hanya berbuah 1 kali saja lalu kemudian mati buah tomat memiliki rasa buah yang manis dan asam sehingga tanaman ini cocok sekali dijadikan campuran bahan masakan didapur.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum Mill)

Tomat saat ini bisa ditemukan hampir diseluruh dunia dari sejarah tomat sendiri ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah lebih tepatnya ditemukan pada daerah peru dan meksiko, pada awal masanya tanaman tomat cukup diabaikan oleh penduduk amerika serikat karena pandangan mereka tanaman tomat memiliki racun sehingga mereka takut untuk mengkosumsi tanaman tomat tersebut dan pada akhir nya ketakutan mereka sudah berakhir pada tahun 1820 dengan seseorang bernaman Robert Gibon Johnson dari Kota Salem yaitu Robert menunjukkan kepada banyak orang dengan dia memakan langsung buah tomat itu.
Sehingga pada akhirnya awal masa abad ke 19 buah tomat menjadi tanaman yang cukup populer dan menjadi makanan yang sangat digemari oleh banyak orang maka dari itu tomat menjadi terkenal dan kemudian menyebarlah hampir keseluruh dunia, untuk penyebaran diasia masuk pada masa abad ke 18 sampai abad ke 16 masuk melalui pedagang portuigis dan spanyol sehingga kemudian tomat masuk ke Indonesia pada tahun 1811 yang dimulai pada negara-negara tetangga kemudian masuk keindonesia dan berikut ini klasifikasi tanaman tomat secara lengkap.

Klasifikasi Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum Mill

  • Devisi                   : Spermatofita
  • Subdivisi              : Angiospermae
  • Kelas                    : Dikotiledon
  • Ordo                     : Solanales
  • Famili                   : Solanaceae
  • Genus                   : Lycopersicon
  • Spesies                 : Lycopersicon esculentum Mill. (dahulu Solanum Iycopersicum L.)

Morofologi Tanaman Tomat (Lycopersicon esculentum Mill

Morfologi tomat sendiri terdiri dari morfologi batang, daun, bunga, akar, dan buah dan berikut ini penjelasan lengkap tentang point-point morfologi tersebut.

1. Morfologi Akar Tomat
Akar merupakan bagian yang pada tanaman yang berada pada dalam tanah yang berfungsi sebagai menyokong dan memperkokoh tanaman agar tidak jatuh dan kemudian fungsi akar lainya yaitu sebagai penghisap air dan garam mineral atau zat hara pada dalam tanah.

Pada tanaman tomat memiliki 2 jenis perakaran untuk jenis perakaran yang pertaman yaitu perakaran tunggang yaitu perakaran yang tumbuh untuk menembus kedalam tanah, lalu perakaran yang kedua yaitu jenis akar serabut yang dimana akar ini tumbuh di sekitar atau samping pada batang tomat jika disimpulkan untuk menanam tanaman tomat yaitu memerlukan jenis tanah yang gembut dan cukup banyak mengandung unsur hara.

2. Morfologi Daun Tomat
Daun merupakan salah satu organ tanaman yang berfungsi sebagai pengolahan makanan dimana proses pengolahan ini dinamakan fotosintesis untuk daun tanaman tomat yaitu memiliki bentuk yang oval dengan bagian tepi membentuk celah-celah yang agak menyirip dan melengkung kedalam.

Pada daun tomat merupakan daun yang berdaun ganjil dengan jumblah 5-7 daun dan memiliki warna daun yang hijau untuk ukuran daun tomat yaitu berukuran rata-rata 15-30 cm dan memiliki lebar 10-25 cm dengan panjang sekitar 3-6 cm.

3. Morfologi Bunga Tomat
Tanaman tomat memiliki bunga yang ukuranya cukup kecil dengan rata-rata ukuran 2 cm dengan bunga berwarna kuning berbentuk seperti terompet lalu untuk kelopak pada bunga tomat berjumblah 5 buah dengan warna hijau yang meruncing pada pangkal bunga.

Letak bunga tomat yaitu berada pada batang dengan cara mengantuung dan tumbuh diarea batang yang masih muda lalu kemudian untuk benang sari mengelilingi putik bunga dengan jumblah kelopak 6 buah, bungga tomat memiliki tangkai yang cukup pendek dengan mahkota yang berbentuk bintang dengan berjumblah 6.

4. Morfologi Batang Tomat
Batang tomat memilii batang yang cukup unik dengan bentuk segi empat sampai dengan bulat, pada batang tomat memiliki strukstur yang lunak walaupun lunak akan tetapi batang pada tomat bisa dikatakan kuat untuk menopang seluruh buah dan daun tomat walaupun terkadang membutukan bantuan batang penyangga, untuk karakter dari batang tomat yaitu memiliki bulu yang halus dengan terdapat kelenjar diantar bulu-bulu tersebut. 

Pada batang tomat memiliki warna yang hijau dengan memiliki ruas yang cukup tebal pada bagian bawah yang tumbuh ke ruas akar yang pendek, pada batang tomat sendiri merupakan batang yang memiliki batang yang cukup banyak cabang apabila tidak dilakukan pemangkasan batang maka akan tumbuh tidak beraturan.

5. Morfologi Buah Tomat
Buah tomat memiliki buah yang bentuknya bervariasi dan bentuk buah tomat antara lain bulat, agak bulat, lonjong, bulat telur dan terkadang ada juga yang berbentuk persegi untuk ukuran buah tomat dari yang terkecil sampai yang terbesar mulai dari ukuran 8 gram sampai dengan 180 gram dan warna yang ada pada buah tomat yaitu bermacam-macam mulai dari merah, belang merang, kuning, hijau muda dan tekstur pada kulit tomat sendiri memiliki bentuk yang cukup tipis.

Buah tomat memiliki citarasa yang asam dan manis sehingga rasa tersebut cocok untuk dijadikan menu makanan dan minuman dan terkadang menjadi suatu bahan masakan pada bagian buah tomat sendiri memiliki biji yang kecil-kecil dan cukup banyak dengan warna biji putih kenuning-kuningan dengan tersusun berkelompok dengan daging buah. Buah tomat sendiri memiliki kandung air yang cukup banyak apabila anda membelah buah ini akan terdapat lendir-lendir pada daging buah tersebut dan karakter buah tomat yaitu lunak dan agak keras apabila buahnya sudah matang kandungan airnya akan semakin banyak.

Demikianlah Klasifikasi dan Morfologi Buah Tanaman Tomat Semoga bisa bermanfaat bagi anda sekian dan terima kasih

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung