4 Jenis Pupuk untuk Tanaman Padi yang Sering di Pakai Oleh Petani Beseta Manfaatnya

Pupuk Padi - Pupuk merupakan nutrisi untuk tanaman dan berfungsi sebagai meningkatkan hasil produksi tanaman tersebut. Setiap tanaman perlunya nutrisi oleh karena itu pengunaan pupuk pada setiap tanaman memang diperlukan untuk menunjang keberhasilah tanaman tersebut.

Pupuk Tanaman Padi
unsurtani.com
Pengunaan pupuk setiap tanaman bukan saja sebagai penyubur tanah saha tetapi juga sebagai manfaat bagi tanaman anda dan meningkatkan hasil produksi buah pada tanaman, pupuk sendiri ada 2 dikategorikan yaitu pupuk subsidi maupun pupuk yang non subsidi.

Bedasarkan proses pembuatanya pupuk dibedakan menjadi pupuk alam dan pupuk buatan dan pupuk alam sendiri dibagi menjadi pupuk contohnya pupuk fosfat alam, pupuk kandang, pupuk hijau, kompos. untuk jumblah unsur hara yang terkandung didalam sangat bervariasi pupuk alam bisa disebut juga pupuk organin karena komposisi pupuk ini berupa sisa makanan hewan, kotoran ternak dan lain-lain.

Sedangkan pupuk buatan sendiri yaitu pupuk yang dihasilkan oleh produksi pabrik pupk dan bisa diatur mulai dari kadar hara, jenis hara, komposisi haram dan pupuk buatan pabrik senidiri sudah ditentukan untuk jenis tanaman apa yang diperlukan karena bedasarkan ragam unsur hara tersebut.
Dan berikut ini beberapa pupuk padi yang sering dipakai oleh petani indonesia yaitu berupa:

Jenis-jenis Pupuk untuk Tanaman Padi 

1. Pupuk UREA
Pupuk urea merupakan pupuk kimia yang mempunyai kandungan unsur nitrogen dengan kadar yang cukup tinggi. Unsur nitrogen sendiri merupakan zat hara yang dibutuhkan oleh tanaman itu sendiri. pengunaan pupuk urea untuk tanaman padi sendiri merupakan hal yang wajar karena pupuk ini dilihat bagus oleh petani dan juga harganya masih disubsidikan oleh pemerintah.

2. Pupuk KCL
Kemudian pupuk KCL pupuk ini cukup banyak digunakan oleh petani karena pupuk KCL sendiri adalah pupuk yang memiliki unsur hara kalium dan bermanfaat bagi tanaman sebagai memperlancar fotosintesi tanaman, selain itu pengunaan pupuk KCL ini pada tanaman padi tersebut agar memperkuat tanaman dari serangan hama penyakit.

3. Pupuk SP-36
Pupuk SP-36 juga merupakan jenis pupuk yang banyak digunakan oleh petani untuk tanaman padi mereka pemberian pupuk sp-36 ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara fosfat. dan fungsi dari unsur hara fostat sendiri sebagai mempercepat pertumbuhan akar sehingga dengan bentuk perkaran baik dan cepat akan memeberikan kekuatan untuk tanaman tersebut.

4. Pupuk ZA
Pupuk ZA merupakan jenis pupuk tanaman padi yang sering digunakan oleh para petani pupuk za sendiri merupakan pupuk yang memiliki unsur hara nitrogen dan belerang, dan manfaat pupuk za sendiri sebagai tamanan ialah membantu proses pembuatan bulir hijau daun dan akan lebih hijau dan selain itu manfaat pupuk za juga sebagai penambah kandungan protein dan vitamin untuk tanaman padi.

Pengunaan pupuk diatas haruslah sesuai jenis umur yang akan diberikan oleh padi dan pengunaan pupuk sendiri haruslah secara wajar, pembelian pupuk sendiri sebaiknya membeli langsung kepada agen pupuk terdekat agar pupuk yang dipeloreh tanpa hasil oplosan dengan yang lain, demikianlah artikel yang bisa diberikan semoga bisa bermanfaat bagi anda dalam mencari pupuk untuk tanaman padi sekian dan terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel