Membuat Tanah Produktif Buat Media Tumbuhan Secara Natural

Gambar
Membuat media tumbuhan yang produktif buat media menanam tumbuhan dengan polybag ataupun pot bukanlah sangat susah. Dalam dunia tanam- menanam media tanam ialah salah satu aspek berarti yang dapat jadi aspek penentu sukses tidaknya aktivitas bercocok tanam kita. Sebab media tanam ini ibarat santapan untuk makhluk hidup, bila santapan yang bagus serta bergizi hingga kesehatan serta perkembangan makhluk tersebut hendak baik. Sama halnya dengan tanaman media tanam yang bagus dapat membuat tanaman yang kita tanam jadi produktif serta sehat.

Pada dasarnya tiap tumbuhan memerlukan media tanam yang cocok dengan ciri tumbuhan tersebut. Kebutuhan nutrisi pada tumbuhan buah serta tumbuhan buat sayur ataupun bunga bukanlah sama. Oleh sebab itu kita wajib ketahui terlebih dulu tumbuhan apa yang hendak kita tanam serta sesuaikan media tanamnya dengan kebutuhan tumbuhan tersebut. Oke kali ini kita hendak coba buat mangulas tentang pembuatan media tanam, spesialnya buat tumbuhan dalam polybag ataup…

Jenis-jenis Pupuk Kompos Beserta Pengertian dan Manfaatnya

Pengertian Pupuk kompos - Pupuk merupakan sisa-sisa bahan yang dibuat dengan proses pembusukan tau sisa-sisa bahan organik dari limbah tanaman maupun dari sisa-sisa makanan maupun kotoran hewan sebelum dijadikan pupuk yang siap digunakan pupuk kompos awalnya harus difermentas dahulu agar kandungan unsur hara pada pupuk komposnya pun ada, banyak sekali para petani mengunakan pupuk yang satu ini selain mudah untuk dibuat maupun jika beli harganya pun cukup murah dan manfaat bagi tanaman pun sudah banyak dirasakan.

Jenis jenis pupuk kompos
rumahmesin.com
Pembuatan pupuk kompos ini mengunakan bahan dasarnya yaitu sampah dan sampah pun dibagi menjadi  2 jenis yaitu sampah organik dan samaph anorganik kalau sampah organik sendiri terdiri dari rumput kering, jerami padi, sekam padi dan lain-lain, sedang kan sampah yang anogarnik yaitu plastik, gabus, logam dan strereofoam. dan itulah pengertian tentang pupuk kompos.

Banyak sekali manfaat pupuk kompos yang perlu anda ketahui, selain mudah di buat lalu murah harga untuk membelinya dan pupuk kompos sendiri gampang ditemukan disekitaran rumah kita maupun meminta dengan tetangga anda dan beberapa manfaat pupuk kompos yang perlu anda ketahu yaitu:

Manfaat Pupuk Kompos Bagi Tanaman

1. Meningkatkan kesuburan bagi tanaman dan tanah
2. Memperbaiki karakteristik dan struktur pada tanah
3. Meningkatkan daya serap air ketanah atau kapasitas air
4. Meningkatkan mikroba pada tanah
5. Mengingkatkan hasil panen tanaman anda mulai dari rasa, gizi, nilai, dan kualitas panen dan             jumblah panen
6. Meningkatkan hormon pada tanaman
7. Meningkatkan vitamin pada tanaman
8. Menekan pertumbuhan penyakit pada tanaman
9. Meningkatkan unsur hara pada tanah

Banyak sekali manfaat pupuk kompos bagi tamanan anda oleh karena itu selain mudah dibuat manfaat yang terkandung dari bahan-bahan alami pun bisa meningkatkan unsur hara pada tanah yang awalnya sedikit sekali kandungan tersebut. Beberapa jenis-jenis pupuk kompos dan berikut jenisnya:


Jenis-jenis Pupuk Kompos yang Banyak di Pakai oleh Petani

1. Pupuk kompos bokashi
Merupakan pupuk kompos tipe anaerob yang cukup terkenal dan ciri pada pupuk bokashi ini ialah terletak pada jenis inokulan yang dipakai jenis starternya. inokulan sendiri dari campuran mikroorganisme pilihan yang bisa mendekomposis bahan organik dengan cepat dan efektif.

2. Pupuk kompos aerob
Pupuk kompos aerob merupakan proses pupuk biokimia yang menyatukan oksigen dan bahan baku yang dipakai untuk membuat pupuk ini ialah sisa sisa tanaman, dan kotoran pada hewan dan disatuakan campuran tersebut proses dalam pembuatan pupuk ini bisa memakan waktu mencapaii 40-50 hari tergantung jenis dekomposer atau bahan baku pupuk

3. Pupuk vermikompos
Pupuk vermikompos yaitu pupuk yang dimanfaatkan makroorganisme nya saja sebagai pengurai. dan makroorganisme yang dipakai pada pupuk ini ialah cacing tanag yang berjenis lumbricus atau jenis lainya yang bisa menyuburkan tanah, dari kototan cacing inilah yang akan dimanfaatkan oleh tanaman sehingga namanya vermikkompos dan jenis organisme yang digunakan untuk membuat kompos bisa berupa magot atau belatung dengan jenis (magot black soldier fly)

4. Pupuk organik cair 
Pupuk ini merupakan pupuk yang dibuat dengan cara pengomposan tanag dan prosesnya bisa berlangsung aerob dan anaerob. pupuk ini dibuat karena lebih cepat diserap oleh tanah untuk pupuk organik cari ini lebih efektfik diberikan untuk daun daripada untuk akar tersebut kecuali pada sistem hidroponik penyemprotan pada pupuk cair ini harus takaranya dan dosisnya tepat jika kelebihan dosis mengakibatkan daun menjadi layu dan mati.

Demikianlah artikel tentang cara pengertian pupuk kompos dan manfaat yang ada pada pupuk kompos dan jenis-jenis pupuk kompos semoga bisa menjadi bahan refrensi anda dalam menambahan wawasan tentang pupuk sekian dan terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung