Harga Bibit Buah Jambu Cincalo Merah dan Serta Cara Budidaya nya

Harga Bibit Jambu Cincalo - Jambu cincalo merupakan jambu air yang cukup banyak digemari oleh banyak orang bagaimana tidak karena rasanya yang hasilkan oleh jambu ini ketika sudah matang akan terasa manis renyah dan juga tidak memiliki biji sedikit pun pada buah jambu tersebut maka dari itu banyak orang yang mau menana dan membudidayakan tanaman ini baik di pekarangn rumah mereka ataupun di lahan perkebunan mereka.

Budidaya Jambu Cincalo

Jambu cincalao ini dikenal dengan sebukan jambu lonceng karena pada bagian jambu ini di tengahnya agak gemuk dan berbentuk bulat layaknya buah pear tetapi beda sekali dengan buah pear. semakin merah warna yang dihasilkan oleh jambu ini semakin manis buah jambu cincalo.

Selain manis dan enak pada saat dimakan jambu cincalao ini juga disebut jambu salju ataupun jambu semarang, untuk jenis jambu ini merupakan hasil persilangan antara jambu air asal dari taiwan dan jambu air asal thailand dan pohon ini pada saat tumbuh besar tidak lah tinggi namun cocok jika ditanam dipekarangan rumah karena pohon jambu cincalao sendiri cukup rindang untuk berteduh dari panas.

Cara Menanam Bibit Jambu Air Cincalao

1. Persiapkan Bibit Jambu Cincalao
Untuk memperoleh bibit yang baik dan unggul anda bisa mencari pohon jambu cincalao dari tetangga mapupun saudara kemudian meminta izin kepada pemilik untuk memulai mencangkok pohon jambu cincalao dan pastikan pohon yang didapatkan kualitas bagus dan lebat saat  bberbuah.

2. Persiapan Lahan untuk Tanaman Jambu Cincalao
Penyiapan lahan untuk jambu ini sama halnya dengan penyiapan lahan pada tanaman atau bibit lain akan tetapi sebelum anda memulai mencari lahan akan ditanami anda baiknya anda persiapkan pupuk kandang terlebih dahulu kemudian buat lubang setidaknya cukup untuk memasukan bibit, lalu masukan pupuk kandang tersebut ke lubang lalu diamkan mencapai 2-3 hari dan tak lupa berikan sekam padi.

3. Proses Penanam Tanaman Jambu Cincalao
Selelat lubang mencapai 2-3 hari lalu kemudian anda bisa memasukan bibit jambu ke lubang yang sudah disediakan kemudian campurkan dengan pupuk kandang dan pupuk TS lalu tutup kembali.

4. Perawatan Tanaman Jambu Cincalao
Lakukan penyiraman terhadap bibit jambu setidaknya anda menyiram 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari jika pada musim hujan tiba anda tidak perlu menyiramnya kembali, dan sebaiknya jangan biarkan tempat lokasi bibit tergenang air buat lah lokasi bibit lebih tinggi agar aman dari tergenangnya air.

Kemudian anda bisa melakukan perontokan dengan menyemprotan dengan ZPT perontokan ini dilakukan dengan cara membuang daun pada ranting pohohn di setiap pucuk, lalu kemudian anda bisa menyisa kan daun sebanyak 4 lembar sedangkan penyemprotan mengunakan ZPT bisa dilakukan dengan cara setelah pemupukan pertama dan waktu selang yaitu selama 2 minggu sekali.

5. Proses Panen Tanaman Jambu Cincalao
Pada panen jambu cincalao bisa mencapai waktu 2-4 tahun dari proses penanaman bibit dan lalu jika pohon sudah terlihat bunga maka  umur 1 bulan dipastikan bungga tersebut akan berubah menjadi buah jambu cincalao.

6. Harga Tanaman Jambu Cincalao
Harga setiap tanaman jambu memang bervariasi dan tergantung jenis apa yang anda akan beli akan tetapi sebaiknya anda membeli bibit ini kepada orang yang memang sudah terbukti menjual bibit yang unggul untuk harga pada bibit buah ini yaitu kisaran harga Rp. 65.000 per setiap bibit.

Pohon jambu cincalao tumbuh semua wilayah indonesia dan bahkan pohon jambu cincalao ini bisa menyesuaikan diri dari segala jenis tanah asalkan tanah yang ada memiliki zat hara yang banyak dan subur.

Demikianlah artikel tentang harga jambu cincalao dan cara budidayanya semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dalam memulai mananam bibit buah jambu yang cincalao ini sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel