Cara Menanam dan Merawat Buah Kelengkeng Agar Berbuah Lebat

Budidaya Buah Kelengkeng - Kelengkeng merupakan buah yang unik dimana buah ini memiliki bentuk yang unik yaitu bulat kecil dan memiliki daging buah yang mirip seperti buah rambutan dan kulit luar kelengkeng ini kasar dan tipis dengan rasa buah yang manis dan segar mengandung cukup
banyak kandungan pada buah ini.

Budidaya Buah Kelengkeng

Meskipun buah ini berukuran kecil tetapi kandungan buah ini memang cukup tinggi kandungan kelengkeng sendiri memiliki kandungan antara lain vitamin b, vitamin c, kalsium, protein dan fosfor dan masih banyak lagi kandungan yang ada pada buah kelengkeng ini.

Manfaat kelengkeng sendiri bagi kesehatan tubuh antara lain yaitu baik untuk mata dan kesehatan tulang, mengurangi stres, dan sebagai anti oksidan bagi tubuh dan makan buah kelengkeng sendiri bagus untuk menambah nafsu makan dan cepat untuk menyembuhkan bekas luka.

Banyak jenis kelegkeng yang bisa anda budidayakan antara lain kelengkeng pingpong, diamond river, dan kelengkeng kristal dan untuk tanaman kelengkeng sendiri bisa tumbuh mencapai 40 meter, untuk penanam bagi masyarakat kebanyakan yaitu mereka menanam dengan cara tanam dipot lalu jika umur sudah pas untuk ditanam ditanah atau dipekarangan maka dipindahkan ketempat yang sudah disediakan.

Sistem yang dipakai untuk penanam kelengkeng bagi masyakat ialah sistem tabulampot yaitu tanaman buah dalam pot karena untuk penanam ini tidak memerlukan lokasi yang luas cukup menanam dipekarangan rumah saja maupun dihalam rumah itu sendiri. dan berikut ini beberapa cara untuk memulai budidaya dan menanam buah kelengkeng:

Cara Menanam Buah Kelengkeng Agar Cepat Berbuah

1. Media Tanam
Pohon kelengkeng tumbuh didaerah diatas 200-600 meter diatas permukaan laut (mdpl) untuk tempat media untuk menanam anda bisa gunakan bahan berupa pot, drum bekas, bak bekas, ember bekas dan lain-lain yang sekiranya bisa dijadikan tempat media kelengkeng.

Jika sudah siapkan lempung dan pasir halus lalu pupuk kompos dan pupuk kandang perbandingan 30% semua kemudian masukan bahan yang ada kedalam media yang sudah disiapkan diatas kemudian siram dengan air supaya lembab lalu siap untuk ditanami.

2. Persiapan Bibit Kelengkeng
Dalam persiapan bibit kelengkeng sebaiknya anda membeli bibit saja karena jika ingin memulai dari benih maupun cangkok itu memakan banyak waktu dan untuk tumbuhnya cukup agak lama, kemudian anda bisa mencoba membeli bibit kelengkeng yang unggul mulai dari harga Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000 semua itu tergantung jenis dan ukuran bibit tersebut.

3.  Pemeliharaan Bibit Kelengkeng
Untuk pemeriharaan agar tanaman kelengkeng cepat berbuah sebaiknya anda lakukan perawatan dengan ektra dengan antara lain penyiraman, pencahayaan yang baik, pemupukan yan rutin, pemangkasan bibit kelengkeng, dan pencegahan hama terhadap tanaman kelengkeng dan berikut ini bebeapa point dalam pemeliharaan bibit kelengkeng:
  • Penyiraman
Dalam melakukan penyiraman bibit kelengkeng sebaiknya lakukan disetiap waktu pagi dan sore jika saat waktu itu terjadi hujan maka tidak perlu anda menyiram tanaman kelengkeng kembali.
  • Pencahayaan
Pencahayaan bibit kelengkeng sebaiknya gunakan pencahayaan yang cukup jangan bibit kelengkeng tertutup dengan pohon lain maupun media lain maka dari itu persiapkan lahan yang sekiranya tidak tertutup dengan tanaman lain.
  • Pemupukan Bibit
Pemupukan bibit kelengkeng bisa di lakukan setiap 1 tahun sekali dan pupuk yang bagus digunakan dalam bibit kelengkeng ialah NPK dan UREA, untuk cara pemupukan sendiri yaitu dengan cara meletakan pupuk disekitaran bibit dan kemudian lakukan pengalian lubang agar pupuk tersebut bisa turun kebawah dan menyerap ke akar.
  • Pembersihan dari Gulma
Pembersihan dari tanaman pengangu seperti rumput atau gulma ini sebainya dilakukan secara rutin agar pertumbuhan pada bibit kelengkeng pun tidak tergangu dengan adanya tanaman yang lain diskitar bibit tersebut.
  • Pemangkasan 
Pemangkasan yaitu proses dimana memotong bercabangan yang banyak dalam pemangkasan ini dilakukan dengan salah satu batang utama sudah tumbuh cabang kemudian pangkas dengan menyiakan tiga buah batang primer.
  • Penangulangan Hama 
Selain perawatan pada tanaman kelengkeng yang sudah dijelaskan diatas lalu kemudian lalukan pengedalian hama dan penyakit yang ada pada bibit kelengkeng dengan cara lakukan penyemprotan peptsida lalu jika buah kelengkeng sudah bermunculan maka lakukan penutupan buah dengan mengunakan plastik yang trasparan pada buah tersebut.
  • Penangulangan Penyakit
Untuk melakukan penangulangan penyakit yang ada pada bibit kelengkeng ini yaitu dengan cara menyemprotkan fungsida atau obat pemusnah penyakit tanamann dan biasanya penyakit yang serong menyerang bibit kelengkeng yaitu jamur Rigdoporus lignosus dengan ciri-ciri daun menguning dan berguguran lalu bibit kelengkeng menjadi mati.

4.  Pemanenan Buah Kelengkeng
Untuk pemanenan dilakukan jika buah pada kelengken terlihat sudah agak matang dengan warna kulit kuning kecoklat-coklatan cerah dan jika anda mencoba hanya 1 buah saja rasanya pun terasa manis dan terdapat banyak kandungan air pada buah tersebut. untuk melakukan pemotongan buah kelengkeng sendiri bisa dilakukan dengan cara memotong tangkai buah seluruhnya agak batang aman tidak mengalami kecacatan, dan untuk waktu dilakukan pemananen ini yaitu waktu pagi dan siang hari.

Demikianlah artikel tentang Cara Budidaya Bibit Kelengkeng Agar Berbuah Lebat semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda dalam membudidayan tanaman yang satu ini sekian dan terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung