Cara Budidaya Tanaman Buah Kesemek Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Jurusanpertanian.com - Tanaman kesemek atau bernama latin (Diospyros kaki) merupakan jenis buah dari maga Diospyros yang berasal dari tiongkok, tanaman ini memiliki bentuk cabang yang pendek dan bengkok-bengkok dan ukuran dari pohon kesemek ini bisa mencapai 15 meter, pada daun kesemek memliki bentuk yang bulat telur jorong dengan berwarna kuning yang mengkilap.

Cara Budidaya Tanaman Buah Kesemek Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah dari kesemek ini berbentuk bulat gepeng dengan rupa segi empat dan warna pada buah ini yaitu hijau kekuning-kuningan sampai dengan warna merah dengan ukuran diameter 2 sampai dengan 8 cm, buah kesemek muda yaitu mengandung zat tanin yang dimana zat ini akan menimbulkan rasa sepat pada buah dan akan hilang jika buah sudah cukup matang.

Untuk zat tanin biaasanya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pengawet kerajinan tangan untuk produksi arak beras jepang beserta digunakan sebagai bahan pengobatan penyakit, dan biasanya menghilangkan rasa sepat pada buah ini dengan mengunakan air kapur dan kemudian di peram atau dengan didiamkan dahulu sebelum akhirnya di makan, dan berikut ini beberapa manfaat dari buah kesemek bagi kesehatan.

Klasifikasi Buah Kesemek

Kerajaan : Plantae
Divisi      : Magnoliophyta
Kelas       : Magnoliopsida
Ordo        : Ericales
Famili      : Ebenaceae
Genus      : Diospyros
Spesies     : D. kaki


Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan
Buah dari kesemek memiliki lemak total sebesar 0.19 gram sehingga bagus untuk program diet anda dan bisa dijadikan bahan camilan anda.

2. Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan
Buah kesemek mengandung vitamin A sekitar 81 IU per 100 gram sehingga vitamin A sangat bagus dalam memperbaiki maupun meningkatkan kesehatan mata.

3. Memantu Melawan Kanker
Kandungan pada buah kesemek yaitu zat antioksidan yang tinggi buah ini dapat menangkal radikal bebas dan merusak sel yang bisa memicu kanker.

4. Membuat sistem Pencernaan Menjadi Sehat
Buah kesemek memiliki serat sebesar 3,6 gra yang dimana bagus dalam pencernaan maka dari itu mengkosumsi buah ini dengan teratur dapat menjaga sistem pencernaan anda.

5. Mampu Menjaga Daya Tahan Tubuh
Kandungan yang terdapat pada buah kesemek yaitu Vitamin C sekitar 7,5 mg dan dimana jika buah ini dikosumsi dengan teratur maka akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Bagus Untuk Hipertensi
7. Baik Untuk Penderita Diabetes
8. Anti-Haemorrhoid Alami
9. Sumber Phytochemicals

Selain Manfaat bagi tubuh buah kesemek juga dapat mengobati berbagai penyakit yang ada pada tubuh anda berikut ini caranya:

Buah Kesemek Sebagai Obat Bebagai Macam Penyakit

1. Menyembuhkan Batuk Berdahak
ambil dua potong buah parsimon lalu kemudian keringkan dan siapkan madu 30 mg lalu tambahkan air lalu kukus pada wadah tertutu[ lumatkan makan pada 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

2. Mengobati Diare Pada Anak-anak
Siapakn 1 potong buah parsimon dan kemudian keringkan beri sedikit nasi dan air, lalu giling hingga menjadi pasta lalu kukus sampai masak dan berikan kepada anak anda kemudian berikan 3 kali dalam 2-3 hari.

3. Obat Antiporosis
Buah ini berfungsi sebagai anti arherosclesosis yaitu penyebab ganguang hati serangan jantung stroke dan buah ini mengandung serat dan mineral dll sehingga buah ini berperan sebagai antioksidan.

4. Obat Jantung
Dalam buah ini mengandung asam phenolic yang berperan sebagai antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas penyebab jantung maka untuk mencegah pengerasan pembuluh darah dianjurkan memakan buah ini sebutir dalam sehari.

5. Sebagai Obat Wasir
6. Sebagai Obat Radang Saluran Nafas
7. Obat Muntah Darah
8. Obat Hipertesi

Banyak sekali manfaat dari buah kesemek mulai dari manfaatnya yang bisa dijadikan bahan kesehatan dan bisa juga dijadikan bahan obat untuk berbagai macam penyakit jika anda ingin memulai cara menanam budidaya atau menanam buah kesemek anda bisa ikuti langkah berikut ini.

Cara Budidaya Tanaman Kesemek

1. Persiapkan Bibit Kesemek
Tanaman Kesemek bisa dikembang biakan melalui biji, okulasi dan cangkok dan pemisahan akar dari ketiga proses itu yang paing bisa menghasilkan biji yaitu dengan cara okulasi yaitu dengan cara siapkan cabang pohon kesemek yang sudah berbuah bagian atas dan juga siapkan juga batang kesemek hasil dari biji sebagai bagian bawah, dalam bagian ini semua supaya menyatu dan kemudian rawat tanaman ini sampai dengan berumur 1-2 minggu lalu kemudian anda bisa pindahakan tanaman ini. 

2. Persiapan Lahan Kesemek
Tanaman kesemek lebih bagus ditanaman langsung ke dalam tanah bukan dari pot maupun polibag kemudian anda bisa memulai penanam dengan penyiapan lubang tanamn dahulu dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dan kemudian masukan pupuk kandang pada lubang yang sudah dibuat dengan volumer sampai 2/3 total volumenya, kemudian diamkan tanaman sampai 2-3 minggu agar kondisi nya normal.

3. Penanam Bibit Kesemek
Dalam melakukan penanam bibit kesemek yang bagus ialah waktu pagi dan sore ketika awal musim hujan dan kemudian masuk kan bibit kedalam tanah yang sudah disiapkan dan kemudian tutup dengan tanah ataupun pupuk kandang lalu siramlah bagian sekitar tanaman sehingga tanaman bisa adaptasi di tempat barunya.

4. Pemeliharaan Tanaman Kesemek
Pemeliharaan tanaman kesemek cukup mudah anda hanya perlu membersihkan bagian-bagian yang sekiranya memang banyak ditumbuhin gulmu ataupun rumput dan kemudian semprotkan peptisida agar hama-hama pada tanaman ini bisa mati ataupu pergi, lalu kemudian untuk pemupukan anda bisa memanfaatkan pupuk kandang dengan pemberian 2-3 bulan sekali dan kemudian anda haruslah rajin melakukan pemangkasan agar tanaman lebih cepat untuk pemanenan.

5. Pemanenan Buah Kesemek
Buah kesemek matang cukup mudah dikenali yaitu dengan beberapa ciri antaranya memiliki warna kulit hijau pucat yang menjadi kuning jingga atau kuning kemerah-merahan dan ukuran pada buah bisa mencapai 5 - 8 cm dan memiliki aroma yang cukup kuat dan pemanena hanya dengan mengunakan gunting potong dan sekiranya aman tidak merusak tangkai pada pohon kesemek.

Demekianlah artikel tentang Cara Budidaya Tanaman Buah Kesemek Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda sekian dan terima kasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel