7 Manfaat dan Khasiat Pupuk KCL Bagi Pertumbuhan Tanaman

Jurusanpertanian.com - Pupuk kcl merupakan salah satu jenis pupuk yang kadar konsetrasinya tinggi dengan kandungan K20 sebanyak 60% sebagai kalium kloida dengan tingginya kandungan kalium pada pupuk KCL  ini banyak sekali para petani mengunakan pupuk ini bagi tanaman mereka maupun meningkatkan kadar kalium pada tanaman mereka.

7 Manfaat dan Khasiat Pupuk KCL Bagi Pertumbuhan Tanaman

Adapun ciri dari pupuk KCL sendiri yaitu pupuk ini berwarna merah dan ada juga pupuk KCL yang warna merah dengan bentuk pupuk mengkristal dan tahukah anda bahawa pupuk KCL ini mudah sekali larut jika terkena air maka dari itu senyawa kalium pada pupuk ini sangat bagus diserap oleh tanaman, sehingga bagus sekali bila tanah yang saat ini anda tanami memang kekurangan cadangan kalium atau kadar kalium sangat rendah.

Banyak sekali pilihan pupuk yang ada diindonesia dan tersedia setiap pasar pertanian maupun toko pertanian dalam pemberian pupuk memang harus sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan bila kekurangan maka tanaman akan kekurangan nutrisi dan sulit untuk berbuah dan jika memang kelebihan tanaman malah membawa dampak yang buruk maka dari itu pelajari pemberian takaran pupuk bagi tanaman anda. perlu anda ketahui ada jenis pupuk kcl yang perlu anda ketahui yaitu:

2 Jenis Pupuk KCL 

Banyak para petani mencari jenis pupuk ini memang pupuk ini mampu memperkuat tanaman agar bisa tumbuh dengan tegak nantinya dan bagi anda yang inggin memiliki tanaman yang terlihat segar dan bertumbuh sehat maka dari itu jangan sampai anda tidak memberikan jenis pupuk KCL ini dan berikut ini beberapa jenis pupuk KCL yang perlu anda ketahui:

  1. Pupuk KCL 80 pupuk ini memiliki kandungan kalium antara K20 yang sampai 52 hingga 60% dengan memiliki warna yang merah pada dasarnya.
  2. Pupuk KCL 90 Merupakan jenis pupuk KCL yang memiliki kandungan kalium K20 sebesar 90% dengan warna putih, untuk jenis pupuk KCL 90 memang sangat sulit untuk ditemukan di toko-toko pertanian.
keungulan pupuk ini pun cukup banyak diakui oleh para petani maka dari itu banyak petani yang mengandalkan pupuk ini disetiap tanaman mereka karena memang kandung kalium yang ada pada pupuk KCL ini sangat bagus bagi tanaman dan pupuk ini pun cepat larut diair sehingga mudah sekali diserap oleh tanaman, dan berikut ini beberapa Manfaat yang ada pada pupuk KCL ini berikut:

7 Manfaat Pupuk KCL Bagi Tanaman

1. Meningkatkan Hasil Panen 
Hasil penelitian telah menunjukan bahwa kandungan pada klorida dalam pupuk KCL memang sangat membantu dalam meningkatkan hasil panen dan bisa merisntesi penyakit tanaman juga dan juga kandungan pada pupuk KCL ini berupa kalium yang dimana kandungan ini sangat penting bagi tanaman yang kebutuhan unsur haranya tinggi contoh tanaman kelapa sawit karena tingkat pertumbuhan dari tanaman ini pun cukup tingi, dengan bantuan senyawa nitrogen kalium dapat memberi efek yang bagus dalam menigkatkan hasil panen pertandan persetiap rasio minyak tandan.

2. Meningkatkan Kualitas Hasil Panen
Salah satu manfaat besar dari pupuk ini yaitu bisa meningkatkan hasil kualitas panen yang dimana kandungan dari kalium di pupuk KCL ini bisa menghasilkan kualitas buah yang baik dan menjadikan buah besar, padat, dan tentunya bagi tanaman bisa menjadikan buah terasa lebih manis dan bagus jika dipakai untuk tanaman buah-buahan maupun tanaman sayuran.

3. Memperkuat Batang Pada Tanaman
Manfaat lain dari pupuk ini yaitu bisa memperkuat batang tanaman dan membuat tanaman menjadi kokoh tidak mudah rubuh tentunya bisa bertahan lebih lama karena kandungan pada pupuk KCL ini yaitu K20 yang dimana fungsi dari kandungan tersbut bisa memperkuat batang menjadi kokoh dan kuat.

4. Tanaman Tidak mudah Mati
Zat hara pada kalium K20 pada pupuk KCL bermanfaat sebagai pengatur kinerja stomata daun yang dimana bisa membantu proses fotosintesis pada pertumbuhan makanan dan tumbuh-tumbuhan yang dibantu oleh sinar matahari, air dan karbondioksida dan proses transpirasi dengan penguapan air pada permukaan tanah, maka dair itu pentingnya agar proses diatas bisa mencegah hilangnya air dari tanaman.

5. Memperkuat dari Serangan Penyakit
Kandungan Kalium pada tanaman ini bisa memperkuat tanaman dan mencakupi kebutuhan tanaman untuk menjaga dari ganguan penyakit maupun dari ganguan hama sehingga jika proses ini dilakukan dengan pemberian pupuk yang baik maka akan mendapatkan hasil panen yang baik juga.

6. Ketahanan Pada Saat penyimpan Meningkat
Kandungan dari kinerja pada kalium yang ada pada pupuk KCL bisa bermanfaat bagi tanaman yang berada pada fase berbunga dan akan membantu meningkatkan suatu aktifitas pembentukan biji atau buah yang ada pada tanaman maka dari itu bisa menghasilkan buah yang akan lebih sempurna.

7. Mampu Memaksimalkan Kinerja Enzim
Ternyata kandungan pada pupuk KCL ini mampu membantu proses translokasi yang berasal dari hasil fotosintesis berasal dari tanaman bahkan bahkan kandungan kalium juga bisa maksimalkan kinerja dari enzim yang berada seluruh bagian tanaman dengan begitu tanaman yang anda tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Demikianlah artikel tentang  7 Manfaat dan Khasiat Pupuk KCL Bagi Pertumbuhan Tanaman semoga artikel diatas bisa membantu anda sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel