5 Jenis Alat Penyemprot (Sprayer) Pertanian Manual dan Otomatis

Penyemprot Pertanian  - Alat semprot atau (Sprayer) merupakan alat yang digunakan dibidang pertanian sebagai alat semprot tanaman maupun alat semprot pembasmi Hama, untuk alat semprot sendiri banyak tipe dan bentuk nya mulai dari alat semprot yang manual sampai dengan alat semprot pertanian yang otomatis dengan mengunakan sensor pendeteksi, dan untuk pengunaan alat semprot ini sangat diperlukan dibidang pertanian seperti halnya yang sudah dijelaskan diatas.

5 Jenis Alat Penyemprot (Sprayer) Pertanian Manual dan Otomatis

Alat semprot ini banyak sekali yang menjualnya hampir disetiap toko pertanian yang menjual alat semprot ini mulai dari harga Rp.200.000 sampai dengan Rp.600.000 untuk harga diatas sesuai dengan jenis alat semprotnya apakah alat semprot tersebut yang manual ataupun alat semprot yang otomatis. 

Bagi setiap petani alat ini wajib dimiliki oleh karena itu untuk membeli alat ini haruslah sesuai dengan kondisi lahan anda dan kantong anda karena alat semprot yang otomatis tersebut mengunakan mesin atau engine yang kecil dan cukup banyak memakan banyak bahan bakar jika anda hanya mengunakannya diwaktu yang singkat, dan sedangkan alat semprot yang manual masih mengunakan tangan untuk memompanya dan mensemprotnya. dibawah ini beberapa alat semprot manual dan otomatis.


Macam-macam Alat Penyemprot  Pertanian Manual dan Otomatis 

1. Alat Penyemprot Tangan (Hand Sprayer
Alat semprot manual yang hanya mengandalkan satu tangan saja dan kapasotasnya untuk menampung pun tidak besar yaitu sebatas 1-2 liter saja, dan biasanya alat semprot ini digunakan sebagai penyemprot tanaman yang ada dikebun halam rumah anda.

2. Alat Penyemprot Ember (Bucket Spray)
Alat semprot ember yaitu alat semprot masih semi manual dan untuk mengahasilkan air keluar yaitu dengan cara memompanya dengan dengan tangan kiri dan tangan kanan untuk mengarahkan media mana yang mau disemprot.

3. Alat Penyemprot Punggung (Knapsack Sprayer)
Alat ini banyak dijumpai disetiap petani hampir setiap petani mengunakan alat penyemprot jenis dan model ini karena pengunaan alat ini pun mudah dan gampang yaitu satu tangan untuk memompa dan satu tangan untuk mengarahkan selang atau media mana yang akan mau disemprot dan kapasitas penampung air peptisida pun tergolong banyak bisa mencapai 13-20 liter air.

4. Alat Penyemprot CDA (CDA Sprayer)
Alat semprot ini masuk kategori sebagai alat semprot otomatis dan istilah dari CDA yaitu Controlled Droplet Action dan alat penyemprot ini mengacu pada pengaturan kapasitas, arah, serta cairan yang dikeluarkannya dan penyemprotan ini mengunakan baterai 12 Volt sebagai sumber energinya. 

5. Alat Penyemprot Otomatis (Automatic Sprayer)
Sesuai dengan namanya alat semprot ini mengunakan tenaga atau energinya motor pengerak sehingga memudahkan bagi parah petani untuk melakukan penyemprotan tanaman atau hama dalam jumblah besar atau lahan yang besar. 

Berikut alat semprot yang dimana alat tersebut berfungsi sebagai media penyemprot peptisida maupun alat penyemprot pembasmi hama maupun tanaman untuk mencari alat penyemprot ada baiknya anda bertanya kepada penjual jenis apa yang sekiranya kapasitas nya banyak dan awet dan tahan lama. Demikianlah artikel tentang Jenis Alat Semprot atau (Sprayer) Manual dan Otomatis semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda dalam bidang pertanian. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel