Jenis-Jenis Buah Salak Serta Penjelasan Lengkapnya

Jenis Buah Salak - Dengan banyaknya berbagai jenis buah salak maka akan semakin tahu dengan rasa dan bentuk salak tersebut dan para petani selalu berkembang akan menciptakan varietas baru pada sebuah buah yang khusus nya pada buah salak ini, untuk mendapatkan varietas yang baru ini tentunya para ilmuan pertanian melakukan persilangan beberapa jenis buah dan bibit salak dan kemudian terciptalah varietas yang baru ini.

Jenis-Jenis Buah Salak

Untuk saat ini jenis salak yang cukup populer yaitu salak pondoh dan tentunya jika anda ingin sekali memulai menanam bibit buah salak anda bisa membaca artikel yang ada dibawah ini.
Baca Juga: Cara Penanam dan Perawatan Pohon Salak Sampai Berbuah Lebat
Saat ini jenis salak banyak beragam dan bentuk dan jumblah jenis salak yang bisa anda ketahui yaitu berjumblah 17 buah jenis salak yang berbeda-beda mulai dari bentuk dan rasa oleh karena itu pentingnya anda menghetahui jenis-jenis buah salak apalagi jika anda inggin terjun atau sudah terjun di dalam budidaya pohon salak dan berikut ini beberapa jenis buah salak yang perlu anda ketahui:


17 Jenis Buah Salak yang Ada di Indonesia

1. Salak Abarawa
Salak ini berasal dari desa bejalen dan salak ini memiliki 2 jenis salak yaitu salak nangka dan salak petruk untuk kriteria salak nagka mempunyai rasa manis dan sepet kalau salak petruk berbentuk coklat kehitaman berbentuk bulat mengandung banyak air.

2. Salak Banjar negara
Salak ini berasal dari desa batar salak ini memiliki buah yang putih besar dan manis kenuning-kuningan dan kulitnya berwarna cokelat.

3. Salak Bali
Salak sesuai namanya yaitu berasal dari bali dan kriteria dari salak ini warna kulit putih kening-kuningan buah bulat dan kuran kecil-kecil biji kecil dan daging yang tebal dan mempunyai rasa manis dan renyah.

4. Salak Condet 
Salak ini berasal dari conded jakarta salak conded ini yaitu pohon salak yang hampir punah dan salak ini mempunyai kriteria kulit kehitam-hitaman dan mempunyai sisik yang besar dengan daging buah yang tebal dan masir berair.

5. Salak Bangkok
Salak ini berasal dari sumedang dan warna dari salak ini yaitu merah mengkilap dan duri nya lembut mulai rontok dan buah manis dan berdaging tebal.

6. Salak Hutan
Salak ini berbentuk bulat berwarna coklat kehitam hitaman dan merah mengkilap dan daging buah ini berwarna putih dan rasanya empuk kadar airnya pun cukup banyak salak ini ditanam di daerah madura.

7. Salak Gula
Sesuai dengan namanya salak ini rasanya cukup manis dan salak ini berbentuk seperti salak pondoh kecil keca dengan buah cokelat kehitam-hitaman dan daging buah tebal kandungan air sedikit berbiji kecil.

8. Salak Manonjaya
Salak ini berasal dari tasikmalaya ada tiga jenis salak manonjaya yaitu berwarna kulit hitam, kuning dan putih untuk salak manonjaya yaitu manis dan ngak sepet tetapi ada kolst buah daging cukup tebal.

9. Salak Si Nase
Salak ini berkriteria yaitu lonjong berukuran kulit kekuning-kuningan biji kecil dan berdaging buah yang tebal dan serta aroma nya enak dan salak ini tanam di daerah madura dan salak ini berukuran agak kecil dari salak madura lainnya.

10. Salak Padang Sidempuan
Salak ini berasal dari hutambalumbung tapanuli selatan dan ditanam pada tahun 1930 ukuran buah ini bervariasi ada besar dan kecil untuk warna buah ini yaitu berwarna kuning memiliki rasa manis bercampur masam, berair hampir tidak terasa sepetnya.

11. Salak Gading
Salak ini berwarna kuning cerah dan daging buah tebal kenuning-kuningan rasanya manis dan tak kalah manis dengan salak saudaranya yaitu salak pondoh untuk salak ini sulit di cari karena keberadaannya cukup langka.

12. Salak Penjalin
Salak berasal dari madura berwarna cokelat kehitam-hitaman daging buah kesat dan renyak manis dan enak kadar airpun tinggi.

13. Salak Manggis
Salak ini berasal dari madura berwarna hitam seperti buah manggis, rasanya sedikit masam dan manis.

14. Salak Pondoh 
Salak merupakan salak kegermaran masyarakat indonesia karena salak ini memiliki bentuk yang kecil tapi rasanya manis untuk jenis salak pondoh dibagi 5 yaitu salak pondoh kuning, salak pondoh merah kuningan, salak pondoh merah hitam, salak pondoh hitam, dan salak pondoh merah.

15. Salak Thailand
Sesuai dengan namanya salak ini berasal dari thailand untuk ukuran salak ini memiliki ukuran panjang 9-10 cm dan lebar 4-5 cm lebih tipis dari salak indonesia untuk daging buah salak bangkok ini buahnya tipis dan berwarna kuning pucat dan berbercak coklat rasanya sedikit agak masam.

16. Salak Suwaru
Salak ini berasal dari magelang bentuk buahnya sama hal nya dengan salak pada umumnya dengan hanya beda tempat lokasi di kembangkannya.

17. Salak Super
Salak berasal dari banjar negara ukuran buah yang besar berwarna cokelat, berdaging masit dan rasanya manis dan segar.

Itu dia 17 Jenis-jenis Salak yang Ada di Indonesia Beserta Penjelasanya semoga bisa menambah ilmu dan wawasan anda tentang buah salak yang ada diindonesia ini sekian dari saya semoga bermanfaat terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung