16 Nama Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Gambar dan Ciri-cirinya

Jurusanpertanian.com - Tanaman hias daun merupakan tanaman hias yang sering kita jumpai baik diteras rumah maupun ditaman-taman, keberadaan tanaman hias daun memang sangat membuat kita menjadi tenang karena warna yang dihasilkan dari daun-daun ini membuat mata dan hati menjadi rilexs dan santai hanya dengan cara memandangnya saja. Tanaman hias daun selain mempercantik rumah anda tanaman ini bisa juga menjadi sumber meredam stres anda dalam bekerja seharian maka dari itu pentingnya tanaman hias daun ini berada ditaman ataupun di pekarangan rumah anda.

Selain bunga tanaman daunnya banyak loh digemari oleh banyak orang walaupun tanaman ini tidak menghasilkan aroma seperti tanaman-tanaman berbunga tetapi tanaman hias daun sendiri cukup populer dikalangan para pecinta tanaman hias lainnya banyak orang menjadikan tanaman ini sebagai penghias ruangan maupun penghias kamar maupun rumah, tanaman sendiri selain bisa membuat mata menjadi rilexs ada juga beberapa tanaman hias daun yang sering dipakai oleh banyak orang untuk membasmi hewan pengangu seperti nyamuk dan kecoa berikut ini beberapa tanaman hias daun yang banyak diminati oleh banyak orang:

16 Jenis Tanaman Hias Daun Gambar dan Ciri-cirinya

1. Tanaman Hias Kastuba

Tanaman Hias Kastuba

Tanaman kastuba merupakan tanaman hias yang memiliki daun yang berwarna merah darah atau tanaman ini dikenal sebagai tanaman poinsetia dan tanaman ini dikaitan oleh suatu perayaan suasana natal hal ini bukan tanpa arti karena kombinasi dari warna merah dan hijau itulah yang mengambarkan suasana natal itu sendiri tanaman ini pun cocok ditaman diteras pot maupun diruang tamu anda.
2. Tanaman Hias Gelombang Cinta

 Tanaman Hias Gelombang Cinta

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman gelombang cinta bagi pengemar bungga, tanaman hias ini pernah populer pada tahun 2007-2010 loh dulu waktu masih jaman-jamannya tanaman ini harga nya masih selangit orang beramai-ramai menanam tanaman ini lalu bebebrapa saat waktu selang bebeberapa tahun tanaman ini tidak populer dan harganya pun sama dengan tanaman lain.

Tanaman gelombang cinta juga disebut tanaman anthurium atau memiliki daun yang lebar dan unik tentunya berbeda dengan tananaman hias lainnya.

3. Tanaman Hias Kuping Hias Gajah

Tanaman Hias Kuping Hias Gajah

Sesuai dengan namanya tanaman ini bentuknya seperti kuping gajah dengan warna daun hijau serta garis urat daun berwarna putih untuk menanam tanaman ini tidak lah sulit dengan memanan tanaman lain cukup hanya dengan menaruh pupuk kandang didalam pot lalu ditanam kemudian rajin disiram setiapharinya, tanaman ini bagus ditanam di area teras rumah anda maupun taman rumah anda.
4. Tanaman Hias Puring

Tanaman Hias Puring

Tanaman hias ini bernama latin Codiaeum variegatum tanaman ini memiliki ciri dengan daun berwarna indah dengan corak hijau, kuning dan merah yang membuat tanaman hias ini nampak eksotis tanaman puring ini sangat laku dipasaran tak heran banyak para petani bungga yang memanan tanamn ini dan proses penanamnya pun tidaklah sulit tentunya tidak memakan biaya yang banyak hanya dengan bermodalkan pot serta pupuk kandang tanaman ini bisa hidup.

5. Tanaman Hias Keladi Red Star

Tanaman Hias Keladi Red Star

Sesuai dengan namanya tanaman ini mempunyai warna pada uratnya yaitu warna merah dengan bentuk urat layaknya bintang dengan corak putih dan warna daun kehijau-hijauan dengan bentuk daun lebar, jika dilihat tanaman ini mirip dengan tanaman hias kuping gajah yang membedakannya dnegan tanaman hias kuping gajah yaitu dari warna dan ukuran pada daun saja.

6. Tanaman Hias Suplir

Tanaman Hias Suplir

Tanaman hias yang satu ini merupakan jenis tanamn hias paku yang populer bagi pecinta tanaman hias tanamn suplir ini banyak di tanaman baik di teras rumah maupun diruangan dengan cara digantung diantara tiang-tiang rumah, tanaman suplir ini merupakan dalam marga Adiantum sehingga tanaman hias suplir merupakan tanaman yang memperbanyak diri dengan cara vegetatif dengan spora dengan tepo sisi daun dewasa.

7. Tanaman Hias Pucuk Merah

Tanaman Hias Pucuk Merah

Tanaman hias ini merupakan tanamn yang tergolong unik layaknya mirip dengan tanaman teh tetapi tanaman ini berbentuk dan berwarna unik dengan campura warna hijau, merah dan kuning sehingga dengan warna yang ramai ini banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai tanamn hias yang ada dirumah maupun diteras rumah untuk nama latin tanaman hias pucuk merah ini yaitu Syzgium Oleana.

8.  Tanaman Hias Calatea

Tanaman Hias Calatea

Dengan warna daun yang belang antara warna hijau tua dan hijau muda menjadikan tanaman ini banyak disukai dan digemari oleh para pecinta tanaman hias untuk jenis tanam calatea yang banyak disukai banyak orang yaitu Calathea Lutea, Violacea dan jenis lainya tetapi paling orang sukai yaitu jenis Bunga Calathea Makoyama.

9. Tanaman Hias Spider Plant

Tanaman Hias Spider Plant

Sesuai dengan namanya tanaman spider plant  dilihat dari jauh tanaman ini terlihat seperti jaring-jaring laba-laba dengan warna hijau dengan corak puith disisi pingir daun tanama spider plant ini cocok ditanam dengan cara digantung  pada tiang-tiang rumah anda tanaman hias ini mempunyai nama latin Chlorophytus comosum tanaman ini berasal dari afrika selatan dengan daun rimbun serta menjuntai kebawah.

10. Tanaman Hias Palem Zamia

Tanaman Hias Palem Zamia

Tanaman zamia merupakan tanamn hias yang termasuk kelompok tanaman Cycad dan berasal dari mekasiko tanaman zamia merupakan tanaman gurun walaupun tanaman ini tidak termasuk tanaman paleman tetapi pola hidup tanaman zamia sama dengan pola pertumbuhan dengan tanaman palem.

11. Tanaman Hias Lidah Mertua

Tanaman Hias Lidah Mertua

Tanaman hias yang satu ini sering kita jumpai pada setiap teras-teras rumah tetangga karena tanaman ini merupakan tanaman populer untuk menghiasi bagian rumah anda lidah mertua merupakan tanaman hias yang bisa tumbuh dengan sedikit air dan cahaya matahari dan manfaat tanaman ini bias dijadikan penetralisir racun udara yang ada didalam rumah maupun diluar ruangan.
12. Tanaman Hias Alokasia

Tanaman Hias Alokasia

Merupakan Tanaman hias daun yang memiliki bentuk yang unik dengan bergelombang dan ful hijau tua, banyak orang menyebut tanaman alokasia ini yaitu tanaman keladi karena bentunya memang mirip dengan tanaman keladi dna bentuk daun dari alokasia ini mirip hati dan memiliki umbi di dalam akar layaknya tanaman umbi-umbian lainya.

13. Tanaman Hias Diaffenbachia

Tanaman Hias Diaffenbachia

Merupakan tanaman hias yang bentuk nya mirip dengan tanaman berdaun-daun besar lainya, tanaman ini banyak kita jumpai disetiap tiap rumah seperti layaknya tanaman lidah mertua keindahan dari tanaman ini berasal dari bentuk daun tajuk dengan warna yang acak-acak hijau muda maupun kuning tanaman diaffebachia merupakan tanaman banyak disebut orang yaitu tanaman bunga bahagia.

14. Tanaman Hias Philodendrons

Tanaman Hias Philodendrons

Merupakan tanaman hias yang banyak digemari para pecinta tanaman hias karena bentuknya unik beserta warnanya yang hijau tudan dengan cabang batang berwarna merah, tanaman yang satu ini sering digunanakan sebagai tamana penghias ruangan karena tanaman ini bisa hidup minim cahaya dan suhu yang tetap.

15. Tanaman Hias Lemon Lime Draceana

Tanaman Hias Lemon Lime Draceana

Tanaman hias ini merupakan tanaman genus dracaena yang mambuahkan daun layaknya pedang daun pada tanaman ini berwarna kuning cerah dengan dengan corak hijau dan putih oleh karena itu banyak orang yang menjadikan tanaman ini menjadi tanaman hias mereka dipekarangan rumah maupun diruangan tanaman Lemon lime draceana bisa tumbuh setinggi 150-120 cm saat dewasa dengan panjang daun mencapai 70 cm tanaman dracaena termasuk tanaman yang tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban.
16. Tanaman Hias Keladi Tengkorak

Tanaman Hias Keladi Tengkorak

Tanaman hias yang satu ini tidak seperti namanya yaitu tengkorak tetapi bentuknya hampir menyerupai tengkorak tanaman ini bernaman latin Alocacia cuprea tanaman ini bisa tumbuh mencapai 1 m-5 meter dengan warna daun berwarna hijau tua dan mencorok kebawah untuk ciri khas dari tanaman ini yaitu permukaan daun bagian atas licin tanpa bulu dan berwarna hijau tua kehitam-hitaman dengan permukaan daun bagian bawah berwarna keungu-unguan dan untuk lokasi tanaman ini cocok diletakan pada lokasi atau tempat yang teduh.

Demikianlah artikel tentang 16 Nama Jenis Tanaman Hias Daun Beserta Gambar dan Ciri-cirinya Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini mencari tanaman hias yang digunakan untuk menghiasi teras rumah maupun ruangan anda sekian dan terima kasih.

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung