12 Manfaat Buah Kelengkeng Beserta Kandungannya Bagi Tubuh

Jurusanpertanian.com  - Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini selain manis dan enak ternyata buah kelengkeng memiliki banyak manfaat loh bagi tubuh, buah kelengkeng memiliki bentuk ciri yang kecil dan bulat memiliki kulit yang tipis dan juga kasar buah ini memiliki daging yang sama seperti buah rambutan tetapi rasanya dari buah kelengkeng lebih nikmat dari buah rambutan sedangkan biji yang dihasilkan oleh kelengkeng sendiri bentuknya unik yaitu licin dan mengkilap berwarna hitam.

12 Kandungan serta Manfaat Buah Kelengkeng Beserta Khasiatnya Bagi Tubuh

Terdapat banyak jenis dari buah kelengkeng sendiri mulai dari jenis pingpong, diamon river, dan kristal tanaman kelengkeng bisa tumbuh mencapai ketinggian 40 meter dari tanah, bagi masyarakat perkotaan yang memiliki lahan atau pekarangan yang kecil dan sempit bisa mencoba menanam dengan cara sistem Tabulampot yaitu menanam buah dalam pot.
Buah kelengkeng sendiri banyak disebut oleh orang lain yaitu buah saudara buah leci nama latin dari buah ini yaitu Dimocarpus longan tanaman ini berasal dari cina dan kemudian menyebar ke seluruh dunia dan banyak dibudidayakan mulai negara asia seperti Thailand, india , indonesia dan negara-negara asia lainnya. dan berikut ini beberapa manfaat dari buah kelengkeng ini:

Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Tubuh

1. Memperkuat tulang
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 dalam manuritas dilaporkan wanita menopause atau kekurangan mineral akan lebih cepat mengalami resiko terkena osteoporosis dengan bertambahnya usia. idealnya orang dewasa harus memenuhi asupan tenaga 900 mikrogram sehari. oleh karena itu disarankan untuk mengkomsumsi buah kelengkeng sekitar 3,5 ons perharinya yang dimana buah kelengkeng memiliki kandungan 807 mikro gram mineral.

2. Kaya akan Vitamin C
Buah kelengkeng kaya akan vitamin c sebanyak 84 miligrma per 3,5 ons dan baik jika dikosumsi jika seseorang yang mengalami kekurangan vitamin c pada tubuhnya.

3. Baik untuk Mata
Mengkosumsi buah kelengkeng bisa menghindari resiko katarak dengan mengkomsi buah kelengkeng sebanyak 3,5 ons kelengkeng bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin sebanyak 38% untuk pria sedangkan untuk wanita 45%  bedasarkan angka kecukupan gizi perharinya.

4. Manfaat Bagi Kecantikan dan Performa Seksual
Dengan mengkosumsi buah kelengkeng bisa membuat kulit inda dan bersinar, bagi masyarakat tiongho mengkosumsi buah kelengkeng bukan saja bisa memperindah kulit tetapo bisa menjadi obat kuat dalam berhubungan seksual.

5. Bagus dalam Program Diet
Buah kelengkeng memiliki kandungan lemak dan protein yang cukup rendah maka dari itu buah ini bisa anda jadikan sebagai menu makanan atau camilan diet anda.

6. Menyembuhkan Luka
Manfaat Buah kelengkeng salah satunya yaitu membantu menyembuhkan luka dengan cepat hal ini karena buah kelengkeng mengandung polifenol dengan membantu mengkal serangan radikal bebas didalam tubuh.

7. Sumber Energi Tubuh
Kandungan dari buah kelengkeng ini yaitu kandungan lemak dan kalori yang rendah serta mendung karbohidrat komplek karena asupan dari karbohidrat komplek sendiri bisa meningkatkan stamina didalam tubuh.

8. Menghindari Stres
Manfaat Buah kelengkeng lainnya yaitu sebagai penghilang atau mengurangi stres karena kandungan dari buah kelengkeng sendiri yaitu zat anti depresan karena zat ini bisa memberikan efek ketenangan untuk saraf dan mencegah rasa pusing yang berlebihan.

9. Mencegah Penuan Dini
Manfaat buah kelengkeng lainnya yaitu sebagai anti penuaan karena buah kelengkeng yaitu memiliki kandungan zat anti aging yang dimana manfaat dari zat ini menimalkan pengelupasan dan retak pada kulit dan memperbaiki warna kulit anda.

10. Mencegah Anemia
Manfaat Buah kelengkeng lainya yaitu sebagai mencegah anemia hal ini diperantarai dengan kandungan zat besi yang tinggi dan oleh karena itu menunjang produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh sehingga mengurangi kekurangan darah atau yang dikenal anemia.

11. Mentralkan Racun
Buah kelengkeng sendiri manfaatnya sebagai menetralkan racun dalam tubuh ketika racun berhasil dikeluarkan oleh tubuh dengan mengkosumsi buah kelengkeng maka beban ginjal akan tidak terlalu berat sehingga fungsi ginjal akan terjaga kesehatanya.

12. Menangkal Serangan Radikal Bebas
Didalam buah kelengkeng yaitu memiliki kandungan polifenol antioksidan  yang mampu menangkal serangan radikal bebas didalam tubuh dan mencegah sel-sel ditubuh maka dari itu orang yang rajin mengkosumsi buah kelengkeng satu ini bisa terhindar dari penyakit anemia, kanker dan penyakit kronis lainya.

Demikianlah artikel tentang 12 Kandungan serta Manfaat Buah Kelengkeng Beserta Khasiatnya Bagi Tubuh semoga bisa beramfaat bagi anda sekian dan terima kasih

Postingan populer dari blog ini

8 Daftar Alamat Toko Pertanian yang ada di Medan saat ini

10 Tempat Variasi Mobil yang Ada di Bandar Lampung

4 Daftar Lokasi Toko Kimia yang ada di Lampung